Elizabeth Ratu Terlama

Elizabeth Ratu Terlama

BENARKAH Ratu Elizabeth II adalah manusia immortal? Memang, dia seperti abadi. Usianya puanjaaang… Yakni, 95 tahun. Masa bertakhtanya juga sangat lama: 70 tahun. Tahun Platinum!
Berikut catatan perjalanan perempuan kelahiran 21 April 1926 tersebut.

Ilustrasi: Reza-Harian Disway

1952 – Putri yang Jadi Ratu
Saat berumur 25 tahun, Elizabeth sedang mengunjungi Kenya bersama suaminya, Pangeran Philip. Tiba-tiba, kabar mengejutkan datang dari Inggris. Raja George VI, ayah Elizabeth, meninggal pada 6 Februari 1952. Elizabeth, perempuan belia itu, diangkat menjadi ratu.


PUTRI ELIZABETH berpose dengan Pangeran Philip sebelum dinobatkan menjadi ratu Inggris.
(Foto Agence France-Presse)

1953 - Penobatan
Di akhir masa perkabungan, Elizabeth resmi menjadi ratu pada 2 Juni 1953 di Westminster Abbey. Dia dinobatkan di depan 8.500 tamu. Namanya menjadi: Ratu Elizabeth II.

 

1977 – Tahun Perak
Di tahun ini, Elizabeth mengulangi janjinya saat berumur 21 tahun pada 1947. Kala itu, dia berjanji akan mengabdikan seluruh hidupnya untuk Inggris dan negara persemakmuran yang dinaunginya.

 

1992 – Annus Horribilis (Tahun Mengerikan)
Pangeran Charles, putra sulung Elizabeht, bercerai dengan Putri Diana. Sedangkan Pangeran Andre, putra keduanya, berpisah dengan Sarah, sang istri.

Putri satu-satunya, Putri Anne, juga bercerai dengan Mark Phillips, sang suami. Lalu, Windsor Castle, istana milik Ratu di barat London, terbakar.

Elizabeth menyebut 1992 sebagai 12 bulan annus horribilis.


LAUTAN KARANGAN BUNGA saat pemakaman Putri Diana pada September 1997.
(Foto: John Stillwell-AFP)

1997 – Tewasnya Lady Di
Diana meninggal dalam kecelakaan pada 31 Agustus 1997. Kritik publik muncul, karena Ratu Elizabeth memilih tinggal di Balmoral Estate, Skotlandia.

Atas kritik itu, Elizabeth pulang ke Buckingham Palace. Bendera setengah tiang dikibarkan. Ratu mengucapkan belasungkawa atas kematian mantan menantunya. Publik pun tenang.

 

2002 – Tahun Emas
Perayaan pada tahun ini diwarnai oleh meninggalnya Ibu Suri Elizabeth, ibunda Ratu Elizabeth II. Selain itu, Margaret, adik Elizabeth juga berpulang.

Dukungan untuk keluarga kerajaan pun muncul. Warga menyemut di The Mall, di depan Istana Buckingham. Mereka melihat Brian May, gitaris Queen, memainkan lagu kebangsaan: God Save the Queen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: