Kamar Transparan untuk Wartawan

Kamar Transparan untuk Wartawan

PARA peliput Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 memang tak bebas berkeliaran di berbagai tempat di Tiongkok. Mereka harus selalu tinggal di dalam ’’gelembung’’. Ini adalah sebuah tempat yang sudah dinyatakan aman dari penularan Covid-19. Di luar tempat itu adalah zona berisiko.

Karena itu, para jurnalis itu pun hanya bisa bergerak dari area media ke venue. Dengan kendaraan yang sudah disediakan panitia. Tidak boleh secara serampangan naik kendaraan umum.

Nah, karena itu, panitia Olimpiade pun membikin bilik khusus untuk wartawan yang butuh rehat di sela-sela bekerja. Ini adalah sebuah kotak kecil yang kuncinya adalah QR Code khusus. Di dalamnya ada kasur yang bisa dikendalikan remote control. Bisa untuk zero-gravity mode yang mengurangi stres pada tubuh, bisa juga untuk pijat.

’’Di sini, jurnalis bisa istirahat dan bersantai di sela-sela padatnya jadwal,’’ kata Zhao Yufeng, juru bicara Keeson Technology Corp., produsen tempat tidur itu. Menurut Zhao, dalam sehari, rata-rata ada 30-40 jurnalis yang memanfaatkan tempat rehat itu.

Tapi, tak semuanya cocok dengan kamar transparan itu. ’’Rasanya seperti tempat perawatan orang gila,’’ gerutu Guido Santevecchi, jurnalis dari Italia. Santevecchi pun bersumpah-sumpah enggak akan masuk ruang tersebut. Santai… (Doan Widhiandono)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: