Ular Paksa Pesawat Mendarat Darurat

Ular Paksa Pesawat Mendarat Darurat

INI memang penumpang kurang ajar. Sudah masuk tanpa izin, bikin heboh pula. Bahkan, pesawat yang ditumpanginya sampai segera mencari tempat mendarat.

Penumpang gelap itu bukan orang. Tapi ular. Yang tiba-tiba muncul di tempat penyimpanan barang di atas kursi penumpang. Di dalam pesawat AirAsia yang terbang dari Kuala Lumpur menuju Tawau, Sabah, Kamis (10/2).

Untung, insiden itu segera diketahui Pak Pilot. Ia segera memutuskan untuk mendaratkan pesawat itu di bandara terdekat. Dan yang terpilih adalah Bandara Kuching, Sarawak.

’’Ini insiden yang sangat jarang ditemui di pesawat mana pun,’’ kata Kapten Liong Tien Ling, Kepala Keamanan Penerbangan AirAsia seperti dikutip Channel News Asia kemarin. Menurutnya, sang pilot pesawat sudah mengambil keputusan yang tepat dengan segera mencari tempat mendarat. ’’Sehingga tidak ada penumpang dan kru yang cedera,’’ ucapnya.

Setelah penumpang gelap itu diusir dan pesawat dibersihkan, penerbangan itu dilanjutkan pada hari yang sama.

Memang, sangat jarang ada pesawat yang dimasuki ular. Yang pernah terjadi, dan bikin heboh, adalah pada 2006. Ketika itu, ada agen FBI yang naik pesawat dari Hawaii menuju Los Angeles untuk mengawal bos mafia. Tetapi, si penjahat itu cerdik. Ia mengatur timer dan melepaskan ular-ular berbisa yang diselundupkannya di dalam pesawat. Ketegangan pun terjadi sepanjang perjalanan. Tidak percaya? Tengok saja kisahnya. Judulnya: Snakes on a Plane. Pemerannya adalah Samuel L. Jackson. (Doan Widhiandono) 

 

 

Sumber: