Suntik Vaksin, Dituduh Suntik Angin

Suntik Vaksin, Dituduh Suntik Angin

MENTERI Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin sejatinya ingin menunjukkan sesuatu yang menyenangkan. Untuk jadi teladan. Yakni, Raif, putranya yang berumur 6 tahun, sedang divaksin. Eh, video lewat Twitter Minggu (13/2) itu ternyata jadi blunder. Banyak warga (baca: netizen) yang menuding bahwa itu adalah aksi akal-akalan Khairy. Yakni, bahwa si anak disuntik dengan alat kosong. Isinya udara. Bukan vaksin produk Pfizer.

’’Jangan mengganggu orang-orang yang sudah mau memvaksin anaknya,’’ ucap Khairy Rabu (16/2). Juga lewat Twitter. Ia bahkan mengunggah video penjelasan seorang perawat yang menyuntik Raif.

Sang perawat bilang bahwa dia dengan sengaja menutupi jarum itu dengan jarinya. Agar Raif yang masih kecil itu tidak ketakutan. Agar lebih merasa tenang. ’’Saya sama sekali tidak membuang vaksin itu,’’ ucap si perawat yang tidak sebutkan namanya tersebut. Perawat itu juga minta agar warga tidak mencemooh Khairy.

Di video itu terlihat Raif disuntik sambil dipegangi Nori Abdullah, ibunya. Sang perawat lalu menunjukkan alat suntik itu kepada Khairy yang membawa kamera. Terdengar menteri kesehatan itu bercanda dengan perawat. ’’Itu bukan udara ya?’’ gurau Khairi.

Sang perawat menjawab tegas. ’’Tidak. Ini 0,2 mililiter. Dosis anak-anak,’’ tegasnya. (Doan Widhiandono)

 

Sumber: