Pevita Pearce Usir Trauma dengan Melukat

Pevita Pearce Usir Trauma dengan Melukat

Pevita Pearce, aktris film 5CM, menjadi perbincangan masyarakat terkait foto unggahannya yang menjalani ritual melukat. Banyak yang mengaitkannya dengan perpindahan agama dari Islam ke Hindu, bagaimana jawaban Pevita?

UNGGAHAN fotonya yang jalani ritual melukat di Bali, membikin Pevita Pearce jadi bahan perbincangan masyarakat. Pasalnya, tak sedikit warganet yang mengira aktris film 5CM itu berpindah agama dari Islam ke Hindu.

Dalam foto yang dia unggah di akun Instagram @pevpearce, tampak pemeran Adinda dalam film 5CM itu sedang duduk bersila, memakai kemben berwarna ungu muda, di sela telinganya terselip bunga kamboja Bali. Dipandu seorang perempuan paruh baya yang mengenakan busana putih.

Pevita memejamkan mata. Sambil ditaburi beberapa potongan mahkota bunga berwarna kuning, putih, dan sedikit cipratan air yang membasahi tubuhnya. Serta, pada foto yang lain tampak tangan Pevita diikat tiga tali gelang berwarna hitam, putih, dan merah.

Mengenai foto-foto ritual melukat itu, sang aktris menegaskan bahwa dia tidak berpindah agama. Ritual melukat yang dijalaninya merupakan sebuah proses untuk mengatasi trauma yang dialaminya. Pevita memberi klarifikasi itu di kolom komentar unggahannya.

”By the way, (melukat, Red) ini prosesi dealing saya dengan trauma. No, I'm not converting, chill (Tidak, aku tidak pindah agama, Red),” tutur perempuan kelahiran Oktober 1992 itu.

Dalam foto-foto ritual melukat tersebut, aktris 29 tahun itu mengungkapkan rasa syukur lantaran bisa mengikuti ritual yang bertujuan untuk membersihkan pikiran serta jiwanya, khususnya dari guncangan mental yang dialami sejauh ini. “Yang bisa kukatakan, ini adalah perjalanan yang indah,” tuturnya.

Perempuan kelahiran Jakarta itu menambahkan bahwa banyak pengalaman yang melibatkan pengembaraan mental, emosi, dan spiritual yang dialaminya belakangan.

“Semua sudah pada tempatnya dan seharusnya. Ada pergeseran dalam perjalanan mental, emosional, dan spiritual saya. Saya bahagia bisa menerimanya dan melihat semua hal dengan cinta dan kasih sayang. Tahun 2022 baru saja dimulai tapi sudah banyak perubahan yang menarik,” katanya.

Upacara atau ritual melukat merupakan salah satu bentuk penyucian diri masyarakat Hindu. Bila ditelisik maknanya, ’melukat’ berasal dari bahasa Bali, ’sulukat’, yaitu ’su’ yang berarti baik dan ’lukat’ artinya penyucian. Sehingga, makna secara harfiah ialah penyucian diri dengan baik.

Mengenai ritual melukat yang dijalani Pevita, biasanya dipandu pemangku ritual yang merupakan pemimpin upacara keagamaan Hindu. Pelaksanaan upacara melukat dilakukan pada saat bulan purnama, ’tilem’, atau saat hari besar lain. Namun, Melukat juga sering dilakukan masyarakat Bali di hari biasa untuk sekadar melakukan meditasi.

Untuk tempat pelaksanaan, ritiual melukat biasanya dilakukan di tempat yang bersejarah, seperti pura pemandian, sungai, dan pantai di Bali. Pevita merasa bersyukur atas perjalanan hidup dan spiritualnya yang indah.

Foto-fotonya itu membuat rekan artis kaget dan tak menyangka jika Pevita memiliki trauma. Sosok seperti Fedi Nuril, sesama pemeran di film 5CM sempat memberi tanggapan dan rasa prihatin atas trauma yang dimiliki Pevita. ”Turut prihatin atas trauma kamu. Semoga kamu bisa mengatasinya,” tulis Fedi Nuril.

Selain itu, ada pula sosok Raline Shah, yang menjadi pemeran Riani di film yang sama, juga terlihat memberi semangat kepada Pevita melalui kolom komentar. ”Sending you love always,” ujarnya. (Rangga)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: