Persebaya Tahan Marselino Ferdinan ke TC Timnas U-19

Persebaya Tahan Marselino Ferdinan ke TC Timnas U-19

PERSEBAYA Surabaya masih menahan Marselino Ferdinan. Wonderkid Bajol Ijo itu diminta tidak bergabung ke pemusatan latihan timnas U-19. Persebaya masih membutuhkan tenaga pemain berusia 17 tahun tersebut untuk menyelesaikan kompetisi.

Semestinya Marsel bersama Bramdani dipanggil timnas U-19 untuk mewakili Persebaya. Keduanya, bersama 38 pemain lain, menjalani pemusatan latihan di Jakarta. Mulai Selasa (1/3) sampai 7 Maret mendatang.

Selanjutnya, para pemain yang bergabung diikutkan dalam pemusatan latihan jangka panjang di Korea Selatan sampai pertengahan April. ”Saya sudah berkomunikasi dengan coach Nova. Biar Marsel di sini dulu,” terang Aji Santoso, pelatih Persebaya Surabaya.

Aji mengaku sangat memerlukan tenaga pemain yang baru berusia 17 tahun itu. Setidaknya untuk beberapa pertandingan ke depan. Seiring dengan kondisi Ricky Kambuaya yang belum sepenuhnya pulih. Apalagi, Kambuaya sempat mendapatkan pelanggaran keras dari pemain Madura United Senin (28/2). Pelanggaran itu terjadi di kotak terlarang, tetapi tak berujung pada hukuman penalti.

”Jika memungkinkan, biar Marsel menyelesaikan kompetisi di sini. Toh, agenda timnas di sana kan masih bersifat pemusatan latihan,” jelasnya.

Persebaya sendiri menyisakan enam pertandingan di kompetisi Liga 1 musim ini. Enam laga tersebut menjadi sangat  krusial dalam perebutan gelar juara. Aji Santoso berharap bisa memiliki banyak opsi pemain guna menuntaskan enam laga tersebut.

”Kami akan menjalani pertandingan kunci. Kami tak boleh terpeleset di enam laga tersebut. Artinya, kami butuh kekuatan yang komplet untuk menuntaskan,” tandasnya.

Sejauh ini Marsel memang menjadi salah seorang pemain kunci di Persebaya. Ia turut berperan penting pada beberapa laga krusial. Termasuk saat lawan Madura United lalu. Gol kemenangan yang dilesakkan Alie Sesay berawal dari assist yang diberikan adik Oktafianus Fernando itu.

Persebaya memang memberikan kesempatan tampil yang cukup banyak. Sampai berakhirnya seri 4, Marsel telah mencatatkan 19 pertandingan bersama Persebaya. Delapan laga dijalani selama 90 menit. Sisanya dijalani dari bangku cadangan. Sebuah catatan yang cukup impresif bagi pemain yang belum genap berusia 18 tahun.

Kesempatan yang diberikan untuk Marsel itu akhirnya berbuah kematangan. Permainannya tak kalah dengan bintang-bintang Liga 1 yang berusia jauh lebih senior. Bahkan, tak kalah dari nama-nama asing.

Marsel bahkan sempat dipanggil Shin Tae-yong untuk bergabung di timnas senior guna menjalani friendly game lawan Timor Leste beberapa waktu lalu. ”Usianya masih muda. Tetapi, miliki visi bermain yang luar biasa. Saya tak ragu memberi kepercayaannya tampil,” ujar Aji Santoso. (Gunawan Sutanto)

Statistik Marsel Musim Ini

Posisi :  Gelandang
Menit bermain :  1.275 menit
Starting eleven :  12 pertandingan
Pengganti :  8 pertandingan
Gol :  4
Assist :  7
Kartu kuning :  5
Kartu merah :  0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: