Novanto Lawan Nurhadi, Menang Siapa?

Novanto Lawan Nurhadi,  Menang Siapa?

Dilansir dari TheMarshallProject, 12 Agustus 2016, bertajuk Life Inside, the Lure of the Prison Fight, digambarkan jelas, situasi di Marquette Branch Prison, Michigan, AS.

Napi nama samaran Deyon Neal, 35, pembunuh terhukum 30 tahun, baru dijalani 4 tahun, menceritakan dan ditulis gaya bertutur, begini:

Pagi itu aku keluar dari sel isolasiku. Menuju lapangan seluas lapangan basket. Sudah ada belasan napi di situ. Ada yang joging, ada yang duduk saja. Aku dulu petinju, maka terbiasa latihan standar.

Tak lama, kawan seblok, Tron, muncul. Usianya 27. Kasus pembunuhan juga. Kami akrab. Bersalaman, saling sapa.

Disusul sekitar 30-an napi, masuk. Lapangan terasa sempit. Inilah rawan. Benar saja. Kulihat Charlie botak mengayunkan hook ke Brightmoor. Cepat, dihindari. Bogem meleset.

Charlie dulu petinju. Kasus pembunuhan, kini usia 42. Brightmoor baru 23, kasus narkoba. Sangat gesit. Tapi, Charlie baru membuka serangan. Berikut, dengan gerak tipu, Brightmoor jatuh oleh long hook. Gedebuk...

Brightmoore bangkit. Badannya yang berotot tebal mengibas-ibas, lalu menerjang. Kena. Menabrak Charlie. Mereka jatuh, dengan posisi Charlie terjengkang, ditimpa badan Brightmoor. Sorakan pecah.

Aku maju dengan tangan terkepal. Mendatangi Brightmoor dari depan. Ia segera siaga. Dari arah depan, datang pula Flint, matanya menatapku. Dua lawan siap kuhajar.

Mendadak, dari arah belakangku, dua sipir lari mendekati Charlie dan Brightmoor. Mereka menyekap Charlie-Brightmoor dengan sengatan listrik. Delapan sipir menyusul masuk.

Spontan, kami semua menjauhi Charlie-Brightmoor. Yang digencet ke tanah. Lalu, digiring dengan lunglai. Pastinya menuju sel isolasi yang gelap.

Sementara itu, di Sukamiskin, yang berantem antaranak buah Novanto-Nurhadi. Antar geng. Yakni, Amiril, orangnya Nurhadi, ditonjok Irvanto, orangnya Novanto. Kena mulut.

Kalapas Sukamiskin Elly Yuzar kepada wartawan, Rabu, 2 Maret 2022, mengatakan: "Amiril ditonjok Irvanto. Udah, gitu aja. Tidak ada pertengkaran. Tidak ribut."

Ia uraikan, begini: Nurhadi dipindahkan ke Lapas Sukamiskin, Januari 2022. Sedangkan Novanto, senior di situ. Sudah empat tahun. Nurhadi masuk, ngeloyor saja. Mengabaikan Novanto. Tidak permisi, kek. Basi-basi, kek.

Elly: "Di Lapas ini sama saja dengan di luar. Mestinya Pak Nurhadi hormat dulu ke Pak Novanto. Tapi ini tidak."

Novanto, mantan ketua DPR, punya banyak pengikut di situ. Menyebarkan isu: Nurhadi, mantan sekretaris Mahkamah Agung, mentang-mentang. Konflik dalam diam. Nurhadi menghindar setiap ada Novanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: