Cocok Dimakan Siang Hari

Cocok Dimakan Siang Hari

Saus mayones yang melumer di sela-sela potongan buah dan serutan keju yang bertabur di atasnya, membuat salad buah racikan Desy Resdiana Elizabeth tampak lezat. Bagaimana cara membuatnya?

Desy, ibu empat anak, itu mulai menjual salad buah sejak 2016. Alasannya, dia pecinta salad buah. Daripada terus membeli, Desy mencoba membuatmya sendiri. Resepnya dicari dari laman Google.

Ketika dia membawanya ke kantor, responsnya bagus. Teman-temannya bilang enak. Otak bisnisnya mulai gelisah. Bagaimana kalau mencoba menjualnya. Kebetulan banyak orang yang suka makan salad.

”Saya mulai memberanikan open order dan menjual salad buah untuk teman-teman kantor dulu. Lalu berikutnya secara online dengan membuka pesanan melalui media sosial Facebook dan Instagram,” katanya.

Keberanian Desy itu didukung fakta bahwa salah satu menu makanan penutup itu termasuk enggak pernah bosan walaupun setiap hari. ”Karena komposisi utamanya adalah buah maka sangat kaya vitamin sehingga baik dikonsumsi siapa saja,” tegas perempuan kelahiran Desember 1988 itu.

Apalagi ketika memulai usaha, dia tidak membutuhkan modal yang besar. Tapi sejak awal, Desy hanya memilih buah dengan kualitas yang baik dan segar. Itu demi menjaga rasa serta tekstur buah yang enak.

Desy Resdiana Elizabeth dengan salad buah buatannya yang sekarang tak hanya disantapnya sendiri bersama keluarga namun sudah dijualnya. Kunci D’dessert adalah pada mayones yang dibuat sendiri oleh Desy. Selain itu kualitas buah dan cara mencampurnya dengan mayones. Sehingga enak dan tidak eneg.

Biar terjamin, Desy punya langganan tempat belanja yang tetap. ”Bahan-bahan yang lain seperti mayones serta keju, gampang dibeli di mana-mana,” katanya.

Dari teman-teman kantor, akhirnya salad buah D’dessert buatan Desy merembet mulai disukai para karyawan bank, rumah sakit, serta kantor BUMN. ”Benar-benar hanya berawal dari rekomendasi ke yang lain. Pelanggan saya sekarang banyak dari kalangan dokter,” katanya.

Biar lebih mantap, Desy bahkan mengikuti kursus membikin salad buah. Dia pun bisa belajar meracik mayones sendiri.

Mayones adalah bagian yang penting dalam salad buah. Jadi harus enak. ”Secara umum bahannya ada susu full cream cair, gula pasir, tepung maizena yang dilarutkan dengan air, susu kental manis, dan perasan air lemon,” bebernya.

Ada tip membuat mayones yang dia bagi. Caranya, masukkan semua bahan itu kecuali perasan lemon ke dalam wadah, lalu masak dengan api sedang hingga mendidih. Setelah mendidih, pindah ke dalam wadah dan dinginkan terlebih dahulu.

Bila sudah dingin, masukan air perasan lemon dan aduk hingga merata. Sebelum mayonaise digunakan, simpan ke dalam kulkas terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lebih kental,” katanya.

Mungkin itulah mengapa banyak yang menyukai salad Desy. Alasan utamanya ya mayonesnya yang gurih. ”Enak dan tidak eneg katanya. Banyak yang awalnya tidak suka salad buah, tapi setelah mencoba jadi suka gara-gara mayonesnya,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: