Seri Nomine Oscars 2022 (2): Don’t Look Up Komedi Terkejam Dekade Ini

Seri Nomine Oscars 2022 (2): Don’t Look Up Komedi Terkejam Dekade Ini

Star-studded, satir luar biasa, tapi super jenaka. Dan yang jelas, sukses menohok siapa saja. Dengan skenario yang asyik, plot sangat menghibur, dan akting top para bintangnya, Don’t Look Up merebut empat nominasi Academy Awards 2022. Termasuk Film Terbaik. Kami akan mengulas dua nomine tiap akhir pekan.

 

ADAM MCKAY tahu kita marah. Muak. Ia juga marah kok. Kepada pemerintah (negara mana saja, dan tentunya AS sendiri). Kepada media sosial dan warganet yang aneh-aneh. Juga kepada media. Yang memilih dan memilah berita sekehendak hati (dan pemilik modal) mereka. Seperti kita, McKay juga muak pada dunia.

Ia kesal melihat bagaimana mereka menyikapi realita. Ia sedih menyaksikan cara mereka memperlakukan fenomena mengerikan. Yang benar-benar mengancam keberlangsungan hidup umat manusia. Alih-alih bekerja keras menyelamatkan hal yang paling dasar (nyawa kita sendiri!) mereka asyik mengusung agenda sendiri-sendiri.

Lihat saja bagaimana negara-negara maju masih meremehkan perubahan iklim. Lihat saja bagaimana pandemi gloal yang mematikan malah dipolitisasi—dan dikomersialisasikan. Bahkan banyak orang yang menganggap kedua fenomena itu hoax. Dan itu terjadi di berbagai negara. Seolah enam juta kematian akibat Covid-19 (serta bencana alam yang tak terhitung jumlahnya akibat global warming) itu hanya statistik semata.

Lihat saja bagaimana riuhnya warganet meributkan berbagai hal di media sosial. Mulai dari anak ustaz yang berbohong, hingga ayam geprek di fashion week. Sementara unggahan-unggahan tentang masalah yang penting dan darurat nyaris tak mendapatkan perhatian. Media juga begitu. Berita-berita yang berpotensi bikin publik bergidik ngeri dipendam rapat-rapat. Digantikan perceraian artis atau bintang reality show.

Sebel kan? Alih-alih berdemo sia-sia di Davos, McKay menyalurkan kegeramannya lewat Don’t Look Up. Film yang saya anggap paling satir, paling relatable, paling menohok, sekaligus paling lucu, dalam satu dekade terakhir. Semua hal yang bikin kita kesal di atas, ia tumpahkan dalam film yang dibintangi Leonardo DiCaprio, Jennifer Lawrence, dan Meryl Streep tersebut.

DUA ILMUWAN FRUSTRASI, Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence, kiri) dan Randall Mindy (Leonardo DiCaprio). Mereka menemukan komet yang bakal menabrak bumi. 

Bencana Dahsyat

Dalam Don’t Look Up, Adam McKay meminjam isu yang agak di awang-awang untuk menggantikan perubahan iklim dan pandemi. Yakni meteor. Ceritanya, kandidat PhD bidang astronomi Universitas Michigan Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) menemukan komet yang sedang menuju bumi dalam kecepatan tinggi.

Temuan dia dikonfirmasi oleh sang profesor, Randall Mindy (Leonardo DiCaprio). Menurut hitungan mereka, komet itu akan menabrak bumi dalam enam bulan. Sebesar apa kometnya? Besar. Banget. Dampaknya lebih mengerikan daripada meteor yang memunahkan dinosaurus jutaan tahun silam. Komet itu akan menghapus seluruh kehidupan di muka bumi.

Randall dan Kate diterbangkan ke Gedung Putih. Untuk menyampaikan temuan itu kepada Presiden Jane Orleans (Meryl Streep). Hanya untuk disuruh menunggu selama berjam-jam. Dan kemudian diabaikan. Alih-alih tanggap, Orlean malah sibuk menghitung peluang di pemilu sela. 

MERYL STREEP (duduk kanan) sebagai Presiden AS yang sikapnya jadi parodi Donald Trump. Kebijakan dia dipengaruhi oleh miliarder eksentrik (Mark Rylance, tengah).

Kedua ilmuwan itu lantas membocorkan temuan ke media. Tepatnya di program talk show. Harapannya, agar publik gempar. Dan pemerintah—mau tidak mau—menyikapi temuan itu dengan serius. Eh, oleh produser, wawancara dengan Randall dan Kate disisipkan di antara berita-berita ringan. Dan jelas kalah eksposur dibandingkan bintang pop yang putus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: