6 Lagu yang Bikin Bikin Olahraga Makin Semangat

6 Lagu yang Bikin Bikin Olahraga Makin Semangat

KATANYA kepingin langsing seperti Lisa BLACKPINK. Agar tidak terus-menerus merasa insecure. Tapi, disuruh olahraga sulit. Diet apalagi. Malah masa rebahannya yang diperpanjang. Padahal, untuk membuat tubuh ramping dan kencang, tidak ada cara yang lebih efektif daripada gerak badan.

Menurut Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Ary Moelyadi, angka partisipasi olahraga penduduk Indonesia hanya mencapai 34 persen. Itu artinya, hanya sedikit masyarakat Indonesia yang meluangkan waktu khusus untuk berolahraga.

Apa sih yang bikin malas gerak badan? Yang pasti, kurangnya motivasi. Atau bosan. Karena biasanya saat workout kita melakukan repetisi yang banyak. 

Nah, ada penelitian yang menyebut, mendengarkan musik saat berolahraga dapat menambah semangat dan meningkatkan intensitasnya. Ini debatable, sebenarnya. Karena penelitian lain bilang bahwa aktivitas itu bisa mengganggu konsentrasi latihan. Tapi, kalau tujuannya hanya untuk menumbuhkan semangat, tidak ada salahnya memasang musik saat berolahraga.

Noriska Albertine, mahasiswi Universitas Katolik Widya Mandala, termasuk yang setuju dengan penelitian pertama. Dia sendiri suka memasang lagu kesayangan saat workout. ’’Iya, dengan mendengarkan musik saat berolahraga bisa menjadi lebih semangat. Ritmenya seperti apa, juga menjadi lebih terasa,’’ tutur gadis 22 asal Manise, Ambon, tersebut.

Anda ingin membuktikan kebenarannya? Boleh banget. Beberapa lagu di bawah ini punya irama yang cukup enak di telinga. Beat-nya juga bisa disesuaikan dengan jenis workout yang Anda lakukan. Mau intensitas ringan, sedang, atau berat, bebas. Bisa membantu Anda menjadi lebih termotivasi untuk terus bergerak. (Victoria Angelina)

 

Do It To It (Acraze ft Cherish)

Jika Anda sering mengikuti olahraga kardio yang dilakukan oleh Chloe Ting, maka Anda akan sering mendengarkan lagu yang satu ini. Beat lagu ini seimbang. Cocok untuk didengarkan saat Anda berolahraga dengan intensitas sedang menuju berat.

Shut Up and Dance (Walk The Moon)

Ah, lagu bernuansa disko era 80an ini asyik banget buat olahraga kardio. Baik itu lari atau bersepeda. Iramanya seru, temponya tidak terlalu cepat. Kalau lari di treadmill, kita bisa memasang speed 7 sampai 7,5. Dan karena tidak terlalu berat, kita masih bisa berkaraoke mengikuti liriknya. Saking asyiknya lagu ini, Shut Up and Dance digunakan dalam program RPM lansiran Les Mills. Dipakai buat mengiringi track 4. Alias track istirahat. Hehehe

Rasputin (Majestic ft Boney M)  

Lagu dengan genre RnB yang satu ini memiliki tempo yang tidak terlalu cepat. Namun sangat cocok untuk didengarkan saat Anda akan melakukan olahraga baik dengan tingkat ringan maupun berat. Untuk mengiringi kardio ringan bisa. Tapi karena iramanya unik, ini lebih asyik dipasang saat menjalani latihan resistensi. Baik latihan beban maupun circuit training.

Sumber: