Seri Nomine Oscars 2022K (3): King Richard, Kisah Ayah Venus dan Serena Williams

Seri Nomine Oscars 2022K (3): King Richard, Kisah Ayah Venus dan Serena Williams

Oleh:

Edwin Santioso,

karyawan swasta,

member Group Hobby Nonton

 

Kami kembali mengulas film nomine Academy Awards, King Richard. Drama olahraga yang mengangkat kisah ayah dua ratu tenis dunia: Venus dan Serena Williams. Namanya Richard Williams. Selain Film Terbaik, film ini merebut lima nominasi lain. Termasuk Aktor Terbaik (Will Smith) dan Aktris Pendukung Terbaik (Aunjanue Ellis)

 

SAMPAI hari ini, sudah banyak sekali film bertema olahraga yang menceritakan pencapaian luar biasa. Dari beragam cabang, dan dibuat oleh studio besar maupun kecil. Tema ini memang masih menjadi salah satu favorit para sineas.

Tahun lalu, sutradara Reinaldo Marcus Green, berkolaborasi dengan penulis naskah Zach Baylin, merilis satu film lagi bertema olahraga. Namun ia mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dari film-film sejenis.

Film olahraga pada umumnya fokus pada perjalanan hidup seorang atlet, pelatih, atau aksi suatu tim. Maka kisah King Richard mengalir dari upaya Richard Williams (Will Smith), dalam menggembleng dua putrinya, Venus dan Serena, menjadi dua bersaudara paling ’’mematikan’’ dalam sejarah tenis lapangan.

Richard Williams adalah seorang ayah sekaligus pelatih bagi Venus dan Serena. Dan duo sineas Marcus Green dan Baylin memutuskan untuk menggarap film ini dengan pendekatan peran Richard sebagai seorang ayah dan kepala keluarga.

Richard adalah ayah yang terobsesi, ambisius, dan eksentrik. Ia mendedikasikan sisa hidupnya untuk membawa dua putri dari pernikahannya bersama Oracene “Brandy” Price (Aunjanue Ellis) menjadi yang terbaik dalam sejarah tenis dunia.

Di balik obsesi dan ambisinya, ia sangat protektif. Sikap itu didasari oleh trauma masa kecil akan kekerasan rasial dan suramnya lingkungan tempat tinggal mereka. Sikap protektif yang berulang kali dianggap berlebihan oleh nyaris semua pihak. Termasuk oleh istri dan anak-anaknya sendiri.

Sumber: