Seri Nomine Oscars 2022K (3): King Richard, Kisah Ayah Venus dan Serena Williams

Seri Nomine Oscars 2022K (3): King Richard, Kisah Ayah Venus dan Serena Williams

Secara garis besar, King Richard mengambil struktur dasar film-film olah raga lainnya. Kebangkitan sosok non unggulan dengan latar belakang yang jauh dari kelaziman cabang olahraga tersebut. Namun seiring bergulirnya durasi film, penonton mendapati nuansa yang berbeda dalam penulisan alur cerita King Richard.

Jika pada umumnya film-film olahraga akan fokus pada sosok atlet dengan pencapaian terbaik, maka duo sineas ini memilih untuk fokus pada usaha awal Richard mementori Venus menjadi bintang di lapangan tenis.

Tidak ada yang salah. Mengingat Venus akhirnya berhasil meraih lima gelar Wimbledon (grand slam paling klasik) dan dua gelar AS Terbuka. Total, tujuh trofi grand slam dia kantongi. Selagi bertengger di posisi nomor 1 dunia selama 11 pekan.

Sang adik, Serena lebih gila lagi. Dengan spektakuler dia meraup 23 gelar grand slam tunggal putri (termasuk tujuh Australia Terbuka, tiga Prancis Terbuka, tujuh Wimbledon, dan enam Prancis Terbuka). Plus menjadi nomor satu dunia selama 316 pekan. Pemilihan alur ini sangat tepat. Untuk menggiring penonton setia pada sosok Richard. Bukan pada pencapaian luar biasa kedua putrinya.

Sosok Richard Williams diperankan dengan humanis dan gemilang oleh Will Smith. Yang tampaknya semakin nyaman dalam zona biopik. Dua penampilan terbaik sebelumnya juga dalam biopik, yaitu Ali dan The Pursuit of Happiness. Aunjanue Ellis yang berperan sebagai Oracene Price, istri Richard, juga menampilkan akting setara Smith.

Sebelum The Oscars, mereka berdua juga dinominasikan di Golden Globes. Smith meraih trofi Globes pertamanya sebagai Aktor Terbaik di sini. King Richard sendiri juga kebanjiran pujian, nominasi dan sudah memenangkan beberapa penghargaan dari aspek penulisan naskah, penyutradaraan, hingga film terbaik.

King Richard adalah narasi pencapaian mimpi yang dipandang mustahil. Menerjang batasan rasialisme dan strata sosial. Berlandaskan tekad dan keyakinan yang kuat. Untuk dicapai dengan kurasan keringat, air mata, dan darah. (Retna Christa-*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: