Daya Tarik Air Terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur

Daya Tarik Air Terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur

Oleh

Isbimayanto

Wartawan Magang Harian Disway

 

Jawa Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata alam. Bahkan Kabupaten Nganjuk pun punya air terjun yang sangat keren. Air terjun Sedudo namanya. Termasuk objek wisata klasik. Sehingga akses maupun fasilitasnya sudah sangat baik. Namun, keindahannya tak perlu diragukan lagi. 

 

SEBAGAIMANA umumnya air terjun, Sedudo juga terdapat di lereng gunung. Air terjun yang tingginya sekitar 100 meter ini terletak di lereng Gunung Wilis. Tepatnya di Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Sekitar 30 km ke arah selatan dari ibu kota kabupaten Nganjuk.

Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, hawanya adem. Dan suasananya sangat asri. Sedudo asyik dikunjungi bersama keluarga maupun teman-teman. Sebab, medannya tergolong ’’jinak’’.

Perjalanan dari kota Nganjuk menuju ke lokasi Air Terjun Sedudo cukup menempuh waktu sekitar satu jam saja. Di setiap rute menuju ke kawasan wisata air terjun juga sudah dilengkapi dengan penunjuk jalan. Jadi tidak perlu khawatir tersasar. Mau lebih gampang lagi, mengikuti Google Maps, juga bisa banget.

Seperti telah disebut di atas, akses menuju ke lokasi air terjun sudah cukup baik. Kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil sudah dapat langsung parkir di dekat lokasi. Harga tiket masuk dipatok Rp 12 ribu per orang. Parkirnya juga terjangkau. Untuk sepeda motor hanya Rp 2000, sedangkan tiket mobil Rp 5000.

Dari parkiran menuju ke air terjun, pengunjung harus melewati anak tangga yang menurun. Namun tidak perlu khawatir takut terjatuh. Karena anak tangga tersebut juga sudah dilengkapi dengan pagar besi sebagai pegangan. Namun, untuk mengantisipasi licin, lebih baik mengenakan sepatu atau sandal yang alasnya memadai.

Semakin turun, bunyi deru air yang semakin kencang seolah mengobati lelah. Membuat kaki kian bergairah menapaki anak tangga. Apalagi ketika tempias embunnya yang dingin menyapu wajah. Sungguh luar biasa! Hawa sejuk pegunungan sungguh menenangkan pikiran. Mata juga dibuat takjub oleh keindahannya.

AIR TERJUN SEDUDO difoto dari kawasan parkir kendaraan. Tingginya hanya 100 meter, namun ia menawarkan sensasi yang unik.

 

Sumber: