Mengenal Tinnitus, Sensasi Telinga Berdengung

Mengenal Tinnitus, Sensasi Telinga Berdengung

Cara Pencegahan

  1. Mengenakan pelindung telinga saat beraktivitas di dekat sumber bunyi yang sangat nyaring. Seperti di studio atau konser musik, di ruangan dengan mesin menyala, atau lokasi konstruksi bangunan,
  2. Mengistirahatkan telinga tiap satu jam saat mengenakan earphone untuk mendengarkan musik. Hindari memasang earphone dengan volume penuh dalam waktu yang lama. Atur volume earphone agar kurang dari 60 persen,
  3. Menjaga kesehatan pembuluh darah dengan rutin berolahraga dan mengatur pola makan, agar terhindar dari kuping berdengung akibat gangguan pembuluh darah.       

Pengobatan

  1. Rutin membersihkan kotoran di telinga
  2. Menjalani terapi pendengaran
  3. Obat-obatan

Telinga berdengung merupakan hal yang normal terjadi. Namun, jika ini terjadi dalam waktu yang lama, bahkan sampai mengganggu aktivitas, kemungkinan keluhan itu terjadi karena gangguan pada telinga atau penyakit tertentu. Jika Anda mengalami telinga berdengung yang terasa mengganggu, baik di salah satu telinga ataupun kedua telinga, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Lalu obati telinga berdengung sebelah yang sesuai dengan penyebab tersebut.

Meski kuping berdengung umum terjadi dan sering kali hilang dengan sendirinya, tapi jika sudah berlangsung dalam waktu yang lama dan terasa sangat mengganggu, segera periksakan diri Anda ke dokter THT. Demikian sajian kami yang singkat ini, semoga bermanfaat. (Retna Christa-*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: