Will Smith Minta Maaf pada Chris Rock Atas Tamparannya di Panggung Oscar 2022

Will Smith Minta Maaf pada Chris Rock Atas Tamparannya di Panggung Oscar 2022

HAMPIR 24 jam setelah menampar Chris Rock di panggung Academy Awards (alias The Oscar) 2022, Will Smith akhirnya meminta maaf kepada Chris Rock. 

''Kekerasan, dalam bentuk apa pun juga, sangat beracun dan destruktif,'' kata Will Smith dalam pernyataan yang diunggah publisisnya di Instagram. ''Tindakanku di Academy Awards tadi malam tak dapat diterima, tak dapat dimaafkan. Candaan, menurutku, memang bagian dari pekerjaan. Tapi candaan tentang kondisi medis Jada terlalu sulit kuterima. Dan aku bereaksi dengan sangat emosional,'' tuturnya. 

''Aku ingin meminta maaf secara publik kepadamu, Chris. Aku melewati batas, dan aku mengaku salah. Aku malu, dan perbuatanku bukanlah indikasi orang seperti apa aku. Tidak ada tempat buat kekerasan di dunia yang penuh cinta dan kebaikan ini,'' tutupnya.   

Tamparan Will Smith buat Chris Rock di panggung Oscars 2022 di Dolby Theatre, Hollywood, kemarin, memang menjadi skandal terburuk Academy Awards dalam beberapa dekade terakhir. Bahkan lebih buruk daripada insiden amplop Film Terbaik yang tertukar pada edisi 2017. Ini kali pertama sesama aktor terlibat pertengkaran fisik di panggung The Oscars.

REAKSI TERKEJUT Nicole Kidman ketika melihat Will Smith menampar Chris Rock. Audiens sempat terdiam canggung ketika insiden itu terjadi.

GI Jane dan Alopecia

Itu semua diawali oleh Chris Rock. Awalnya, ia membuat lelucon soal Javier Bardem dan Penelope Cruz. Guyonan itu menyerempet Will Smith. Semua tertawa. Karena memang lucu. Namun kemudian, Rock menunjuk istri Smith, Jada Pinkett, yang duduk di sebelahnya. ’’Jada, aku mencintaimu. Enggak sabar kepingin nonton GI Jane 2,’’ katanya, lantas terkekeh.

Rock menyebut GI Jane, karena kepala Jada Pinkett botak. Seperti Demi Moore di film GI Jane. Padahal, itu bukan soal style atau tren. Bintang The Matrix: Resurrection itu terpaksa mencukur habis rambut dia karena kondisi kesehatan. Jada Pinkett menderita alopecia. Penyakit autoimun kulit yang menyebabkan rambut rontok parah. Kondisi yang sangat menyiksa. 

Lucunya, Smith sempat terkekeh mendengar lelucon GI Jane. Namun, melihat wajah sang istri yang masam, Smith langsung berdiri. Ia menghampiri Rock. Lantas menamparnya pelan. ’’Wow. Wow! Aku baru saja dihajar oleh Will Smith,’’ gumam Rock canggung. Audiens terdiam. Mereka tak tahu apakah itu gimmick acara atau bukan. 

TIDAK PEKA, Will Smith (kiri) masih tertawa ketika mendengar lelucon soal GI Jane. Sementara air muka sang istri, Jada Pinkett-Smith, masam.

WILL SMITH mengumpati Chris Rock dari kursi setelah menamparnya.

Kemudian terdengar suara Smith berteriak, ’’Jangan sebut-sebut nama istriku dengan mulut kotormu!’’ Rock shocked. Audiens terguncang. Mereka memandang Smith dengan bingung. ’’Dude, itu guyonan soal GI Jane,’’ kata Rock. Smith mengulang, ’’Ya! Jangan sebut-sebut nama istriku dengan mulut kotormu!’’

Rock menurut. Lantas bergumam lagi, ’’Wow, ini bakal jadi peristiwa terhebat dalam sejarah televisi.’’ Ia lalu melanjutkan tugasnya. Membacakan nomine Film Dokumenter Terbaik.

Suasana berangsur pulih. Meski sempat terjadi gangguan teknis buat penonton di rumah. Apalagi, setelah itu Sean ’’Diddy’’ Combs sempat menyindir keduanya saat memperkenalkan Godfather. ’’Aku enggak sadar ini bakal jadi Oscars yang paling seru. Oke, Will, Chris, kalian akan menyelesaikannya sebagai keluarga di Gold Party,’’ katanya. Kali ini, tawa audiens meledak.

Saat jeda iklan, Smith didatangi publisisnya, Meredith O. Sullivan. Mereka mendiskusikan langkah yang perlu diambil. Itu terjadi beberapa kali. Sesama aktor, Denzel Washington, Bradley Cooper, serta Tyler Perry terlihat bergantian menenangkan Smith. Mereka membisikkan sesuatu, lantas memeluknya erat.

Sumber: