Beijing Berencana Buka Sekolah Lagi

Beijing Berencana Buka Sekolah Lagi

PEMERIKSAAN MASAL di Beijing, Minggu, 5 Juni 2022, ini adalah salah satu upaya Tiongkok menekan penularan Covid-19.-NOEL CELIS-AFP-

BEIJING, HARIAN DISWAY - Jumlah kasus Covid-19 baru di Beijing, Tiongkok, sudah sangat kecil. Kemarin, Minggu, 5 Juni 2022, hanya ada 19 orang yang kena virus itu. Karena itu, otoritas setempat mengumumkan bahwa warga sudah mulai bisa bekerja dari kantor mulai Senin, 6 Juni 2022. Sekolah juga akan dibuka pekan depan, 13 Juni 2022.

 

Angka itu memang buah ketatnya aturan yang diterapkan Tiongkok. Yakni, strategi nihil Covid. Alias zero Covid. Caranya adalah lockdown ketat, pengujian masal, dan masa karantina panjang. 

 

Yang pernah merasakan itu adalah Shanghai yang berpenduduk 25 juta orang. Juga Beijing yang populasinya 22 juta orang.

 

Mulai besok, restoran sudah boleh menerima pengunjung. Asalkan tes menunjukkan hasil negatif dalam tiga hari sebelumnya. Transportasi masal juga akan mulai dinormalkan.

 

Di Beijing, hanya tinggal dua distrik yang masih di-lockdown.

 

Sedangkan di Shanghai, sebagian besar penduduk sudah bebas sejak Rabu, 1 Juni 2022. Tetapi, masih ada ratusan ribu orang yang menjalani karantina wilayah karena ditengarai sebagai kontak erat orang yang tertular Covid-19. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: