PPDB SMP Negeri Dibuka

PPDB SMP Negeri Dibuka

Suasana Siswa dan Siswi SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabya, setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar, Jumat 27-5-2022.-Rahmat Chiky-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP negeri baru saja dibuka. Sejak 10 hingga 15 Juni 2022. Itu khusus untuk jalur afirmasi inklusi dan mitra warga. Dinas Pendidikan Kota Surabaya mengimbau orang tua agar lebih hati-hati.

”Jangan percaya janji-janji. Biasanya berupa iming-iming ’titipan’ biar bisa masuk SMP,” ungkap Kepala Dispendik Kota Surabaya Yusuf Masruh. Ia berharap agar para orang tua lebih waspada. Juga, membiarkan anak mereka mengikuti alur yang sesuai.

Sebab, pendaftaran itu juga bagian dari edukasi bagi anak-anak. Tujuannya, mereka terbiasa berjuang. Selain itu, tertanam sikap kejujuran. Sebab, seluruh proses pendaftaran itu juga dilakukan dengan transparan.

Seluruh proses sudah tersedia di website ppdbsurabaya.net. Para orang tua bisa memantaunya setiap saat. Melibatkan anak-anak mereka. Di website itu juga terlampir pedoman dan tahapan yang jelas. 

Yusuf membeberkan beberapa hal yang menjadi ketentuan PPDB SMP jalur afirmasi. Pertama, pendaftar berasal dari keluarga berstatus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kedua, seleksi berdasarkan jarak antara lokasi rumah dan sekolah.

Apabila ada kesamaan jarak, akan diseleksi berdasarkan usia. Usia yang lebih tinggi akan diprioritaskan. Jika masih ada kesamaan usia, menggunakan waktu pendaftaran. Yang mendaftar lebih dahulu bakal diprioritaskan.

Sementara itu, pendaftaran PPDB jalur perpindahan tugas orang tua juga dilakukan secara online. Peserta diwajibkan melampirkan dokumen asli. Yakni, surat keputusan pindah tugas, KK, dan, akta lahir. Juga, bukti pendataan penduduk nonpermanen.

Peserta harus memilih satu sekolah sesuai zonasi. Seleksi juga berdasarkan jarak tempat tinggal. Apabila ada kesamaan, diprioritaskan siswa yang mendaftar lebih awal.

Yusuf berharap kepada siswa yang tidak diterima jalur afirmasi agar tidak kecewa. Sebab, masih tersedia jalur zonasi. Begitu juga dengan siswa yang tak lolos jalur prestasi. Bisa mengandalkan jalur zonasi.

Tahun ini ada 590 rombongan belajar (rombel). Setiap rombel berisi 32 siswa. Jumlah itu didapat dari 63 SMP negeri di Surabaya.

Bagi lulusan sekolah inklusi, dispendik menempatkan langsung berdasarkan data tempat domisili sesuai KK. Siswa inklusi yang belum terdaftar bisa langsung mendaftar pada SMP negeri penyelenggara inklusi terdekat secara offline. Dengan menyertakan surat keterangan disabilitas dari psikolog. 


Ombudsman Jawa Timur yang membuka posko pengaduan terkait dengan PPDB SMP. -Rahmat Chiky-

Sementara itu, Ombudsman RI Jatim akan mengawasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022/2023. Mereka pun membuka posko pengaduan PPDB. Dengan begitu, proses PPDB terhindar dari praktik maladministrasi.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur Agus Muttaqin mengatakan, posko pengaduan dibuka mulai Jumat, 9 Juni 2022, hingga berakhirnya masa PPDB nanti. Posko itu di kantor Ombudsman Jatim di Ngagel.

”Kami buka semua kanal pengaduan ombudsman. Pelapor bisa memanfaatkan hotline kami melalui nomor WhatsApp 08111263737 dan e-mail [email protected],’’ kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: