PDAM Surabaya Tawarkan 100 Lps Air Umbulan ke CitraLand

PDAM Surabaya Tawarkan 100 Lps Air Umbulan ke CitraLand

Kawasan CitraLand Surabaya difoto dari rooftop Universitas Ciputra Surabaya. Hanya wiilayah utara yang teraliri air Umbulan PDAM Surabaya.-Dok/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pembicaraan antara PDAM Surabaya dan pengembang CitraLand terus bergulir. Air Umbulan dari Pasuruan sudah dialirkan sebesar 30 liter per detik (lps). Namun, PDAM menawarkan debit yang lebih banyak.

“Masih kami diskusikan dengan CitraLand. Kami menyanggupi sampai 100 lps,” ujar Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya Arief Wisnu Cahyono, Selasa, 14 Juni 2022. Kalau mau, PDAM juga mampu menjual air hingga 150 lps ke kawasan perumahan elit di Surabaya barat tersebut.

Namun kesepakatan baru belum terwujud. Sebab, CitraLand sudah memiliki Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) sendiri. Karena itulah penyerapan air tidak bisa langsung dalam jumlah besar.

Sudah bertahun-tahun CitraLand memiliki instalasi dan jaringan air sendiri di Surabaya. Hal itu harus mereka lakukan karena jangkauan PDAM di Surabaya Barat baru diperkuat beberapa tahun terakhir.

PDAM Surabaya sudah menerima 500 lps air Umbulan yang diresmikan Presiden Joko Widodo 22 Maret 2021 lalu. Debitnya dinaikkan setiap tahun. Sebagian besar airnya ditampung di reservoir Alas Malang di dekat CitraLand. 

Saat ini yang sudah dialirkan ke CitraLand baru 30 lps. Bisa digunakan untuk mengaliri 1.800 pelanggan. “Sistem jualnya masih curah,” lanjut Mantan Dirut JX International itu.

Artinya, PDAM tidak memiliki pelanggan rumah di CitraLand. Pengembang mengalirkan sendiri air yang sudah dibeli tersebut. Saat ini, PDAM menjual air Umbulan curah dengan harga Rp 5 ribu per liter. Harganya relatif sudah tinggi, sebab jaringan pipanya milik pengembang.

Arief berharap CitraLand membeli lebih banyak Air Umbulan. Menurutnya, izin IPAM yang dimiliki CitraLand tidak diperpanjang oleh BBWS Sungai Brantas. “Tapi kami masih beri waktu. Karena kebutuhan air mereka juga besar. Katanya, eman kalau air Umbulan dibuat nyiram taman sama lapangan golf yang luas itu,” lanjut alumnus Teknik Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut.

Sementara itu, Senior Director Ciputra Group Sutoto Yakobus mengatakan, pembelian air Umbulan bakal dilakukan secara bertahap. Karena itulah, tawaran PDAM belum disetujui sepenuhnya. “Kalau sekarang baru daerah CitraLand sebelah Utara yang pakai air Umbulan,” katanya.

Yang jelas, CitraLand dipastikan bakal menambah debit air dari PDAM cepat atau lambat. “Perlu waktu untuk beberapa penyesuaian agar dapat menyerap lebih banyak,” lanjut Ketua DPD REI Jatim periode 2005-2008 tersebut. (*)

Sumber: