Imbas Perbaikan Gorong-Gorong, Warga Dukuh Kupang Krisis Air Bersih

Imbas Perbaikan Gorong-Gorong, Warga Dukuh Kupang Krisis Air Bersih

Sejumlah warga Dukuh Kupang mengantre untuk mendapatkan air bersih di Dukuh KUpang Utara, Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 24 April 2024.-Julian Romadhon-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Warga Dukuh Kupang SURABAYA mengalami krisis air bersih selama tiga hari ini. PDAM mereka mati imbas dari perbaikan gorong-gorong yang melewati pipa air warga. Solusi sementara, pasokan air bersih didistribusikan ke warga.

Namun cara ini masih kurang efektif. Pasalnya, jumlah selang minim dan tidak seimbang dengan warga yang mengantre. Akhirnya, terpaksa mereka mengantre di gang sempit.

BACA JUGA:Gerak Cepat PLN Lakukan Pemulihan Terdampak Banjir Lahar Semeru, Berikan Bantuan Kepada Warga Juga

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya Syamsul Hariadi mengatakan, pekerjaan di Dukuh Kupang Barat 1 dilakukan pada siang hari. Proses pekerjaan memakan waktu kurang lebih 4 bulan. 

"Kesepakatan untuk melakukan pekerjaan pada siang hari telah dibuat dengan warga setempat. Proyek ini meliputi pembangunan jalan sepanjang sekitar 500 meter, yang dibagi menjadi dua bagian dengan jenis box yang berbeda, yaitu dua kali dua dan tiga kali tiga," ujarnya saat tinjauan.

Pembangunan dilakukan hanya pada siang hari karena lokasi proyek berada di antara rumah warga dan jalur bukan jalan utama. Sehingga pekerjaan pada malam hari dapat mengganggu kenyamanan warga.

Lebih lanjut dikatakannya, pelaksanaan proyek direncanakan selama empat bulan. Hingga saat ini masih mencapai 9 persen. Pihaknya berupaya mempercepat pelaksanaan pekerjaan dengan memperhitungkan segala kemungkinan. Termasuk koordinasi dengan pihak terkait seperti PDAM.

BACA JUGA:Proyek ZAMP Mandek, PDAM Surya Sembada Gandeng ITS Jual Air Kemasan

"Koordinasi tersebut mencakup pemahaman terhadap utilitas yang ada di lokasi proyek serta ketersediaan personel dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menangani kendala yang mungkin muncul selama pelaksanaan proyek," jelasnya.

Sebelumnya, telihat warga mengais air bersih di gorong-gorong pipa PDAM terekam video dan beredar di Instagram @lovesuroboyo. Dalam video tersebut terekam warga Dukuh Kupang berbondong-bondong mengambil air di gorong-gorong. Video ini merupakan kiriman Saiful melalui akun Instagram @mochamadsaifu.

BACA JUGA:Macet di Jalan Diponegoro Karena Pengerjaan Pipa Proyek PDAM, Pengendara Sebaiknya Lewat Flyover

"Efek pembangunan bosem dan gorong-gorong untuk penanggulangan banjir di kawasan Dukuh Kupang Surabaya. Otomatis pasokan air dari PDAM dimatikan. Dampaknya warga kesulitan air bersih selama seminggu ini. Dan terpaksa "ngangsu" lewat gorong-gorong, Selasa 23 April 2024," tulis akun instagram @lovesuroboyo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: