Penyelamatan Dramatis Atlet Renang AS Anita Alvares Oleh Sang Pelatih, Mengapa Lifeguard Tertegun ?

Penyelamatan Dramatis Atlet Renang AS Anita Alvares Oleh Sang Pelatih, Mengapa Lifeguard Tertegun ?

Pelatih Renang Indah AS Andrea Fuentes menyelamatkan Anita Alvarez yang pingsan saat kejuaraan dunia di Budapest.-AFP-

BUDAPEST, HARIAN DISWAY - Atlet renang indah Amerika Serikat, Anita Alvarez hilang kesadaran saat tampil di Kejuaraan Dunia di BUDAPEST, Hungaria. Sang pelatih Andrea Fuentes melakukan penyelamatan dramatis, Selasa, 22 Juni 2022.

"Momen ini merupakan momen mengerikan. Saya harus melompat karena tidak ada lifeguard yang melakukannya," Fuentes seperti dikutip dari AFP.

Fuentes lalu menyoroti kondisi lifeguard yang tidak bereaksi cepat menanggapi situasi darurat tersebut. Petugas terdiam saat melihat Anita tak sadarkan diri.

Tanpa banyak berpikir panjang Fuentes langsung melompat. “ Saya rasa itu adalah hal tergila dan momen saya melakukan diving paling cepat dalam karier saya," ujarnya Fuentes.

Fuentes lalu membawa Alvarez ke permukaan. Tak lama kemudian sang atlet dibawa ke ruang medis. Rekan sesama atlet terlihat sangat terkejut. Beberapa di antara mereka menangis karena Anita tak sadarkan diri.

"Saya rasa setidaknya dia sempat berada selama dua menit dalam kondisi tidak bernapas karena paru-parunya penuh air," ucap Fuentes. Setelah mendapatkan pertolongan, Anita memuntahkan air, dan batuk. Semua merasa lega karena dia telah sadar.

Hingga kini Anita Alvarez masih dalam tahap pemulihan. Dia belum memutuskan apakah akan kembali untuk acara terakhirnya pada kejuaraan dunia nanti.

Gara-gara kejadian itu, pihak berwenang Hungaria dan Badan Renang Internasional (FINA) mendapat banyak kritikan. Kejadian ini seharusnya tidak terjadi. Sebab kualitas kolam renang dan staf yang ada adalah orang-orang terbaik.

Bela Merkely, Kepala Layanan medis Hungaria, mengatakan bahwa staf telah mengikuti aturan FINA yang sangat ketat.  Petugas bisa melompat apabila ada sinyal dari para juri.  "Tidak ada sinyal seperti itu yang diterima dari para juri selama final. Petugas tidak peduli jika seorang pelatih memberi sinyal kepada mereka, mereka tidak diizinkan untuk campur tangan," jelasnyi.

"Setelah pelatih melompat, penjaga memutuskan untuk segera turun tangan, sehingga perenang Amerika itu akhirnya keluar dari kolam dengan bantuan mereka," ujar Bela.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: