Akhiri KTT G7 Jerman, Jokowi dan Joe Biden Rangkulan

Akhiri KTT G7 Jerman, Jokowi dan  Joe Biden Rangkulan

Presiden Joko Widodo dan Presidan AS Joe Biden nampak akbrab saat sesi foto bersama di KTT G7 di Jerman, Senin, 27 Juni 2022.-Biro Setpres RI-

SCHLOSS, HARIAN DISWAY -Tuntas sudah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Schloss Elmau, Jerman, Senin 27 Juni 2022. Dalam sesi foto bersama, Jokowi berdiri di antara Perdana Menteri Jerman Olaf Scholz dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Dalam foto dan video yang dibagikan Biro Pers Sekretariat Presiden RI itu, nampak Presiden Amerika Serikat Joe Biden merangkul Jokowi. Keduanya berada di barisan depan bersama, tuan rumah Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Meski demikian, Jokowi dilaporkan tidak akan melakukan pertemuan bilateral dengan Biden. Dalam keterangan Biro Setpres RI, Jokowi hanya bertemu pemimpin dari lima negara saja: Jerman, Prancis, India, Senegal, dan Kanada. 


Presiden AS Joe Biden bercanda dengan Presiden Jokowi, Senin, 27 Juni 2022 di Jerman.-Biro Setpres RI-

Jokowi dan Biden sebenarnya sudah bertemu di Washington DC Mei lalu. Saat itu Biden menyampaikan: “See you, in Bali,” ujar Biden.

Indonesia jadi tuan rumah Presidensi G20 yang digelar di Bali Oktober nanti. Rupanya pertemuan Jokowi dan Biden lebih cepat dari rencana. Mereka sudah lebih dulu ketemu di Jerman.

Dalam KTT G7 terdapat tujuh negara inti yang bertemu: Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, dan Prancis. Jokowi hadir mewakili Presidensi G20 bersama Presiden Argentina Alberto Fernández, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Selain membicarakan kerjasama dengan 5 pimpinan negara di Jerman, Presiden Jokowi juga membawa misi perdamaian untuk Rusia dan Ukraina. Perang di Eropa timur yang dimulai sejak  24 Februari 2022 itu membuat ekonomi dan keamanan dunia guncang. 

Setelah dari Jerman, Jokowi bakal mengunjungi Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Hingga hari ini belum ada keterangan resmi, kapan Presiden Jokowi tiba di Kiev, ibukota Ukraina itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: