Cheng Yu Pilihan Harpist Angela July: Si Zhu Tao Xie

Cheng Yu Pilihan Harpist Angela July: Si Zhu Tao Xie

Cheng Yu Angela July--

MUSIK adalah pelipur lara. Memang tidak akan menyelesaikan masalah yang ada. Tapi beban yang bergelayut akan sedikit banyak berkurang dengan mendengarkannya. Seperti diakui Liu I-ching 劉義慶 (403–444) dalam karya klasiknya, Shishuo Xinyu (世說新語), “丝竹陶写 (sī zhú táo xiě): dengan musik, hidup jadi asyik.

Musik juga tidak mengenal bahasa. Asalkan enak didengar, orang pasti suka. Persis yang dibilang lagunya Soimah, “Ora ngerti lagune. Ora ngerti syaire. Seng penting aku njoget ae. Ra kenal penyanyine. Ra ngerti penciptane. Sing penting hore rame rame.”

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pemilik Bank Bali Rudy Ramli: Zhi Nan Er Jin

Bahkan, filsuf agung Konfusius menempatkan musik di posisi yang sama tingginya dengan akhlak. Mereka yang sense of music-nya bagus, tak kalah terhormatnya dengan orang yang baik budi pekertinya. Dalam kitab Lunyu (论语) diceritakan, Konfusius pernah tidak makan daging tiga bulan. Lantaran ‘terbius’ oleh enaknya musik Negeri Qi –yang sekarang Provinsi Shandong. 

Maka tak heran bila Angela July mengutip Plato. Yang menyatakan, “Musik memberikan jiwa kepada alam semesta, sayap kepada pikiran, daya terbang kepada imajinasi, dan kehidupan kepada segala hal”. Music gives a soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination and life to everything.


Angle July bersama suami dan anaknyi merayakan ulang tahun pernikahan. -Instagram @angelajuly-

Angela musisi yang keahliannya komplet. Maklum, sejak kecil dia sudah belajar bernyanyi dan beragam alat musik. Perempuan bernama Mandarin Lian Anqi 连安琪 ini bisa piano. Bisa suling. Bisa pianika. Bisa biola. Baru belakangan dia mencoba harpa. Dan langsung jatuh cinta. ”Kayak ketemu jodoh,” kata Angela, lantas tertawa.

Nama Angela melambung karena Harpa. Setelah langkahnyi terhenti di X Factor Indonesia 2016, dia malah moncer di Asia's Got Talent 2017. Di panggung tersebut, petikan harpa yang mengiringi suara merdu Angela menjadikannyi masuk ke dalam grand finalist ajang pencarian orang-orang berbakat dari 15 negara di seluruh kawasan Asia. (*)


Penampilan Angela July saat memainkan harpa di atas panggung. -Instagram @angelajuly-

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: