Tiga Jam Tunggu Jokowi di Stasiun, Bertemu di Istana

Tiga Jam Tunggu Jokowi di Stasiun, Bertemu di Istana

JABAT TANGAN untuk perdamaian Ukraina dan Rusia. Momen saat Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Kiev, Rabu, 29 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

KIEV, HARIAN DISWAY -  Kepala Biro Pers Kepresidenan Ukraina sudah memberi akses untuk Budi yang mewakili Harian Disway di Kiev, kemarin 29 Juni 2022. Tiket meliput pertemuan Presiden Jokowi dan Zelenskyy sudah di tangan. Namun, Budi tak mau menunggu kedatangan Jokowi yang tiba sore hari. Budi nyanggong (menunggu) tiga jam di stasiun Irpin karena ia tahu Jokowi bakal melihat kota yang sudah hancur itu.

Budi sudah bangun sejak pagi di Kiev. Ia bersiap-siap menuju kota Irpin tak lama setelah matahari terbit, pukul 06.00 waktu Ukraina. Ia menempuh perjalanan selama 30 menit ke barat sambil menunggu rombongan Jokowi tiba di stasiun utama Irpin.

Setelah tiga jam menunggu di Ukraina, Budi menyadari sesuatu. Rombongan Jokowi ternyata tidak mampir di stasiun yang ia datangi. 

It's not going so well. They drop President Jokowi at an earlier train station. And now they are heading somewhere i don't know (Rencana liputan tidak berjalan mulus. Mereka menurunkan Presiden Jokowi di stasiun sebelumnya. Dan sekarang mereka menuju ke suatu tempat yang saya tidak tahu, Red)” katanya dengan nada kesal.

Kalau sudah begitu, ia harus kembali ke Kiev. Harapan satu-satunya bertemu Presiden Jokowi di Ukraina adalah lewat konferensi pers.

Budi kembali mengirim pesan suara. Terpaut 17 menit dari pesan suara pertama. Kali ini nadanya lebih riang. “Right now I'm in front of his hotel (Sekarang aku berada di depan hotel Presiden Jokowi),” ucap jurnalis kelahiran Indonesia yang diadopsi pasangan Belanda itu.


Pengawalan ketat Presiden Joko Widodo saat keluar hotel di kota Irpin.-Bud Wichers/Harian Disway-

Jurnalis tak boleh mendekat. Budi menyiapkan lensa panjangnya untuk memotret Jokowi saat keluar hotel dan hendak masuk ke mobilnya. Ia mendapatkan momen itu. Namun sebelum beristirahat di Hotel, Jokowi ternyata sudah berkeliling dengan rombongan yang sangat terbatas. 

Jokowi mengunjungi apartemen Lipky di Irpin didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.

Dari foto-foto yang diunggah Biro Setpres RI, Jokowi tampak sangat sedih. Wajahnya murung ketika melihat puing-puing apartemen hancur terkena serangan rudal Rusia.

Sambil jalan kaki, Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich menerangkan situasi yang terjadi. Jokowi mengatakan ia sangat sedih setelah berkeliling Irpin. Kota itu dihujani rudal selama lima hari di awal invasi. Banyak korban sipil berjatuhan. "Sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak," kata Jokowi dari rilis Biro Setpres RI.


Presiden Jokowi saat mengunjungi Kota Irpin, Rabu, 29 Juni 2022.-Biro Setpres RI-

Seusai dari Kiev, rombongan langsung menuju ke Kiev. Budi pun ikut ke tenggara sambil menunggu konferensi pers di Istana Negara Ukraina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: