Tiga Jam Tunggu Jokowi di Stasiun, Bertemu di Istana

Tiga Jam Tunggu Jokowi di Stasiun, Bertemu di Istana

JABAT TANGAN untuk perdamaian Ukraina dan Rusia. Momen saat Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy di Kiev, Rabu, 29 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

Sebelum pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, Iriana menyerahkan bantuan obat-obatan ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kiev .

"Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang ditempati korban dari peperangan," ucap Iriana setelah menyerahkan bantuan.

Setelah itu, komunikasi dengan Budi sempat terputus. Sepertinya ia sudah di istana. Tempatnya sama dengan lokasi pertemuan Presiden Prancis Emmanuel Macron 21 Juni 2022 lalu. 

Budi akhirnya mengirim foto pertamanya pukul 20.55 WIB. Di Ukraina masih pukul 16.55. Baru masuk waktu salat asar. Di Ukraina matahari tenggelam pukul 21.17.

Presiden Jokowi menjabat tangan Zelenskyy di dalam istana. Nampak bendera super besar Indonesia dan Ukraina disandingkan di belakang podium. 

Ia juga mengirimkan foto saat dua presiden itu berpidato. Podium mereka diletakkan agak berjauhan. Sekitar 2 meter.


Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky saat bertemu di Kiev, Rabu, 29 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

“Pertemuannya sangat singkat. Tidak ada kesempatan bertanya,” kata Budi. Padahal, kalau ada waktu untuk wawancara door stop, Budi bakal mengenalkan dirinya sebagai anak Indonesia yang diadopsi secara ilegal saat Orde Baru.

Mungkin dengan bantuan Presiden Jokowi, pencariannya selama lebih dari 20 tahun bisa lebih mudah. 

Kendati begitu, tak ada yang perlu disesali. Budi tetap bersyukur bisa meliput peristiwa bersejarah itu. Tak banyak jurnalis Indonesia yang mendampingi presiden di Ukraina. Budi hanya bertemu dua wartawan Indonesia di rombongan Jokowi. Salah satunya dari Kompas TV.

Kalau dijumlah dengan Budi, wartawan Indonesia yang berhasil menembus Istana Ukraina ada dua setengah. Budiman Philipus, begitu nama di paspornya: setengah Indonesia, setengah Belanda. (Salman Muhiddin)

Sebulan di Ukraina, Rencana Budi Selanjutnya, baca besok… (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: