MH Expo, Pamerkan Rumah Sakit dan Wisata Malaysia

MH Expo, Pamerkan Rumah Sakit dan Wisata Malaysia

Farah Delah (dua dari kiri) berbincang dengan pengunjung dalam pameran MH Expo-Malaysia Healtcare untuk Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Bertajuk MH Expo, Malaysia Healtcare memamerkan beberapa rumah sakit beserta segala fasilitas kesehatan, juga destinasi wisata menarik. Pengunjung dapat mengetahui berbagai macam cara perawatan, cost dan lain-lain. Atrium Tunjungan Plaza 3, rangkaian booth berwarna merah dan biru tampak ramai dijejali pengunjung. Siang itu, 30 Juni 2022, Malaysia melalui Malaysia Healtcare mengadakan pameran rumah sakit serta berbagai destinasi wisata di Negara Jiran tersebut. 

Malaysia Healtcare menganggap Indonesia sebagai sasaran market penting. “Kunjungan internasional ke Malaysia tercatat sebanyak 1,2 juta. Sebanyak 60 persen adalah warga Indonesia,” ujar Farah Delah, Direktur Marketing Malaysia Healtcare. 

Di antara para wisatawan tersebut, banyak yang tidak mengetahui berbagai fasilitas kesehatan yang tersedia di Malaysia. Termasuk teknologi kesehatan yang disediakan. “Maka dalam kesempatan ini, kami membuka ruang informasi bagi warga Indonesia, khususnya Surabaya, agar mengetahui berbagai rumah sakit di Malaysia,” ujarnya. 

Seperti pengobatan Hepatitis C. Rumah sakit di Malaysia telah menyediakan metode perawatan serta obat yang efektif. “Kami sudah ada 24 RS yang menyediakan obat untuk Hepatitis C. Tingkat kesembuhan mencapai 97 persen. Tahun ini harga obat tersebut lebih terjangkau. 93 persen lebih murah dari sebelumnya,” ujarnya. 

Seperti yang dipamerkan oleh rumah sakit Genesis IVF yang terletak di Penang, Malaysia. Rumah sakit tersebut menyediakan berbagai perawatan kesehatan untuk para perempuan. Genesis IVF juga dikenal sebagai salah satu pusat bayi tabung terbesar di Asia Tenggara. 

“Teknologi kami di bidang bayi tabung sangat modern dan terdepan. Kami telah membantu banyak pasangan yang kesulitan mendapat buah hati,” ujar Margaret Wong, senior marketing executive Genesis IVF. 

Perawatan kesehatan dj Malaysia diatur ketat oleh Kementerian Kesehatan setempat. Sehingga biaya pengobatan semua rumah sakit, baik negeri maupun swasta memiliki nominal besaran yang sama. “Tercatat lebih dari 670 ribu wisatawan medis dari Indonesia yang berkunjung untuk berobat ke Malaysia,” ujar Kelvin Low, vice president marketing, Malaysia Healtcare. 

Chee Leng San, senior business development executive dari Rumah Sakit Loh Guan Lye, memaparkan inovasi rumah sakitnya yang menangani masalah THT, kanker serta masalah tulang. “Kami juga tercatat sebagai rumah sakit yang recommended dalam memasang hokulea. Yakni alat bantu dengar untuk tunarungu. Satu-satunya di Malaysia,” ujar Chee. 

Selain pameran kesehatan, tiga perwakilan pariwisata dari Malaysia juga terlibat. Antara lain, Tourism Malaysia Jakarta, Sarawak Tourism Board dan Penang Global Tourism. 

Malathi, executive of tourism promotion Malaysia, menunjukkan beberapa destinasi wisata menarik di negara tersebut. Salah satunya adalah Kota Wisata Balik Pulau. “Kota Balik Pulau adalah destinasi menarik yang menyajikan areal persawahan serta perkebunan. Banyak wisatawan baik domestik maupun internasional yang mengunjungi tempat tersebut,” ungkapnya. 

Pameran tersebut berlangsung pada 30 Juni hingga 3 Juli 2022. “Tujuan kami untuk menginformasikan komitmen Malaysia sebagai destinasi wisata kesehatan yang aman dan terpercaya,” pungkas Farah. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: