Budi Ikut Perang ke Belarusia sebelum Tinggalkan Ukraina

Budi Ikut Perang ke Belarusia sebelum Tinggalkan Ukraina

PARIT PERLINDUNGAN yang dibangun prajurit Ukraina di perbatasan Belarusia. Bud Wichers ikut berlindung di dalamnya, Kamis, 30 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

KIEV, HARIAN DISWAY - Kami khawatir dengan kesehatan Bud Wichers. Sudah satu pekan ia tak mendapat suntikan insulin untuk mengontrol kadar gula darahnya. Stok obatnya hanya cukup untuk liputan tiga pekan. Ia menambah durasi liputan hingga genap sebulan demi meliput pertemuan Presiden Ukraina Zelenskyy dan Presiden Joko Widodo yang sangat bersejarah itu.

“Ini hari yang sangat melelahkan,” kata Budi dalam sambungan telepon usai meliput pertemuan presiden di Kiev. Energinya sudah terkuras habis. Jam tidurnya kacau setelah meliput invasi Rusia ke Ukraina nyaris sebulan.

Seharian ia kucing-kucingan dengan rombongan Jokowi. Ia berangkat sejak pagi ke Irpin untuk mencari tahu keberadaan Jokowi. Setelah menunggu selama 3 jam, ternyata Jokowi sudah berkeliling kota itu. Budi cuma dapat foto Jokowi saat keluar dari hotelnya.

Ia kembali ke Kiev dan menunggu konferensi pers yang digelar sore hari. Ia menyadari fisiknya sudah sangat lelah. Apalagi setelah stok insulin habis sejak 24 Juni.


Bud Wichers berlindung di parit bersama prajurit Ukraina di perbatasan Belarusia, Kamis, 30 Juni 2022.-Bud Wichers/Harian Disway-

Insulin bekerja dengan cara meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel sehingga bisa dimanfaatkan dalam menghasilkan energi. Tanpa obat itu, penderita diabetes bisa lebih cepat lelah.

Gula darah bisa naik mendadak jika telat menyuntikkan insulin dalam waktu lama. Hal ini dikhawatirkan bisa memicu komplikasi diabetes yang lebih berbahaya.

Budi sudah menghubungi dokternya. Ia harus tiba di Belanda, besok, Sabtu, 2 Juli 2022. Maka, kemarin ia harus segera pulang lewat jalur darat. Misi pertamanya adalah menuju perbatasan di Polandia.

Seharusnya ini akan menjadi perjalanan pulang sekaligus kesempatan beristirahat. Namun Budi, sekali lagi membuat keputusan berani. “Aku ikut prajurit Ukraina di perbatasan Belarus,” katanya.

Seperti biasa, ia tak mau menyebutkan nama kota yang ia kunjungi. Ia dan prajurit Ukraina sudah sepakat merahasiakan misi berbahaya itu. Tak boleh bocor ke media.

Maka, kemarin pagi, Budi harus bangun lebih pagi untuk ikut rombongan prajurit itu. Ia kembali melawan rasa letihnya demi mendapat gambaran perang di utara Kiev itu. 

Ia hanya menyebutkan bahwa ia berada di perbatasan Belarusia. Situasi di wilayah utara itu makin panas sejak 25 Juni lalu. Bahkan Rusia menembakkan 20 rudal jelajah dari Belarusia. Beberapa di antaranya mendarat di pusat Kota Kiev sebelum kedatangan Jokowi.


AREA TERBUKA menjadi tempat pertempuran Ukraina dengan prajurit Rusia di perbatasan Belarusia, Kamis, 30 Juni 2022. Prajurit Rusia berada di dekat kepulan asap.-Bud Wichers/Harian Disway-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: