Piala Indonesia Dimulai Bareng Liga 1, Bagaimana Persiapan Persebaya?

Piala Indonesia Dimulai Bareng Liga 1, Bagaimana Persiapan Persebaya?

Pelatih Persebaya Aji Santoso memberi pengarahan di sesi latihan.--

PERSEBAYA tak menyesal karena gagal lolos ke babak selanjutnya di turnamen pramusim, Piala Presiden 2022. Pelatih PERSEBAYA Aji Santoso menilai, tersingkir lebih awal di turnamen pramusim justru memberikan kesempatan kepada timnya untuk menata dan mempersiapkan diri lebih baik lagi. 

Termasuk sesegera mungkin melaksanakan pemusatan latihan atau training center (TC) di Yogyakarta. TC itu kini masih berjalan dan berakhir pada 5 Juli. 

Apalagi, PSSI juga telah mengirim surat terkait pelaksanaan Piala Indonesia 2022. Gelaran yang terhenti pada musim 2020 dan 2021 itu akan kembali diputar. Jadwalnya Agustus 2022 sampai Maret 2023. Sebanyak 64 tim ikut di dalamnya. Terdiri atas 18 tim Liga 1, 28 tim Liga 2, dan 18 tim Liga 3.

Keputusan menggelar Piala Indonesia itu sesuai dengan Kongres PSSI 20 Mei lalu.  ”Jadi, ada berkah tersembunyi dari kegagalan kami di Piala Presiden lalu. Kami bisa manfaatkan waktu lebih lama dan fokus untuk pembenahan tim,” terang Aji Santoso.

Adanya Piala Indonesia, kata Aji, membuat ia harus meramu program sedemikian rupa. Apalagi, kegiatan tersebut digelar berbarengan dengan pelaksanaan kompetisi Liga 1. 

Dari manajemen, sebenarnya tidak ada beban target di Piala Indonesia. Yang ada, membawa tim ini lolos ke Asia, berdasar posisi di klasemen akhir Liga 1 musim ini. Namun, bisa saja cara ke Asia itu diambil lewat jalur Piala Indonesia. 

Sebab, juara Piala Indonesia akan mewakili Indonesia ke AFC Cup. ”Target belum ada pembicaraan dari manajemen. Tapi, kami tak akan lewatkan begitu saja. Kami akan tetap fight di kompetisi dan Piala Indonesia,” tegasnya. 

Dari sisi materi, Aji merasa timnya kini sudah cukup. Saat ini ada 37 pemain yang telah dikontrak. Tiga di antaranya akan dipinjamkan ke tim Liga 2, yakni Gresik United dan Nusantara United.

Dari jumlah itu, Aji Santoso masih akan mengevaluasi kembali. Bila memang memungkinkan, beberapa pemain lagi akan dipinjamkan. Terutama pemain muda yang butuh jam terbang. ”Sementara cukup ini skuad yang ada, cukup untuk mengarungi dua kompetisi,” tandasnya.

Dari TC yang sudah dilakukan, sejauh ini progres tim menunjukkan grafik naik. Dalam agenda TC, Persebaya juga melakukan uji coba. Hasilnya, antara lain, mampu memetik kemenangan 4-0 atas Porda Sleman di Stadion Maguwoharjo, Rabu, 29 Juni 2022.

Uji coba tersebut, kata Aji, lebih fokus pada melihat kondisi fisik pemain. ”Alhamdulillah, ada peningkatan yang cukup signifikan. Pemain bisa tampil spartan selama pertandingan,” terangnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: