Kisah Istri Mendiang Tjahjo Kumolo, Kenal Sejak SMP, Suka Dengarkan Lantunan Ayat Suci Sebelum Tidur

Kisah Istri Mendiang Tjahjo Kumolo, Kenal Sejak SMP, Suka Dengarkan Lantunan Ayat Suci Sebelum Tidur

Keluarga almarhum Menpan-RB Tjahjo Kumolo menabur bunga di TMP Kalibata, Jumat (1/7). -Foto : Ricardo/JPNN.com-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Istri mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti turut mengantar jasad sang suami di TMP Kalibata, Jumat, 1 Juli 2022. Kepada awak media, ia menceritakan awal pertemuan hingga kebiasaan terakhir Menteri Dalam Negeri ke-28 itu.

"Sebagai dokter waktu itu di klinik DPR, bapak nggak pernah melarang saya yang saya kerjakan. Jadi nggak harus di rumah," ujar Erni kepada wartawan usai pemakaman. Tjahjo selalu mendukung setiap langkah kariernyi.

Erni mulai mengenal Tjahjo sejak SMP di Semarang. Saat itu Tjahjo sudah duduk di bangku SMAN 1 Semarang.

"Sudah dekat sekali, sudah lama kenal, pokoknya ketika itu ya hidup apa adanya," kenang Erni. Tjahjo berasal dari kalangan berada. Namun, sosoknya sangat sederhana.


Jenazah Menpan-RB Tjahjo Kumolo dimakamkan secara militer di Blok Z, TMP Kalibata pada Jumat 1 Juli 2022.-m.ichsan-

Ayah Tjahjo adalah Bambang Soebandiono, seorang letnan di Tentara Keamanan Rakyat. Ayah dan ibunya Toeti Slemoon pernah duduk di Dewan Perwakilan Rakyat DPR.

Sebulan sebelum meninggal, Tjahjo  kerap mendengarkan lantunan ayat suci saat tidur.  Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampe pagi. Itu terakhir yang saya ingat," kata Erni.

Tjahjo Kumolo wafat pada Jumat (1/7) pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo. Elit PDIP itu tak nampak saat PDIP menggelar rakernas di Jakarta. Presiden Joko Widodo sempat menjenguknya usai Rakernas 21 Juni lalu.

Mantan Politisi Golkar itu meningga karena infeksi paru di usia 64 tahun. 

Selepas dari rumah duka, jenazah Tjahjo Kumolo dibawa ke Masjid Quba, KemenPAN-RB, Jakarta, untuk disalatkan. Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin hingga Menko Polhukam Mahfud Md turut hadir di lokasi untuk menyalatkan jenazah Tjahjo.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ikut melayat ke rumah duka. Jenazah Tjahjo Kumolo kemudian dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, dengan penghormatan upacara militer. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: