Egan Bernal Bertapa di Andorra

Egan Bernal Bertapa di Andorra

Egan Bernal sedang berlatih di Andorra. Ia dilaporkan akan turun di Vuelta a Burgos pada Agustus nanti-Istimewa-

SURABAYA, DISWAY - Satu demi satu tahap dilalui Egan Bernal (Ineos Grenadiers) setelah kecelakaan pada awal tahun lalu. Ia telah berusaha keras untuk bisa balapan lagi. Secara perlahan, Bernal mulai kembali ke bentuk terbaiknya. Bahkan, menurut laporan media olahraga kondang asal Italia, La Gazzetta dello Sport, Bernal bisa saja balapan lagi di Vuelta a Burgos pada 26 Agustus mendatang.

 

Kecelakaan yang terjadi pada Januari tersebut nyaris membuyarkan karier pembalap asal Kolombia itu. Dengan mengendarai sepeda time trial, Bernal menabrak bus yang sedang berhenti di halte guna menurunkan penumpang. Kecelakaan itu cukup parah. Hingga membuat Bernal harus dirawat di rumah sakit tak jauh dari kota asalnya.

 

Bernal dilaporkan menderita patah tulang belakang, patah tulang paha kanan, patah tulang patela kanan, trauma dada, paru-paru bocor, dan beberapa tulang rusuk patah. Enam bulan berselang, Bernal menunjukkan progres yang luar biasa. Pemenang Tour de France 2019 tersebut dilaporkan memulai kamp pelatihan ketinggian di Andorra. Bernal dijadwalkan berlatih di Pyrenees hingga 25 Juli.

 

Progres Bernal sebenarnya sudah diprediksi sejak awal. Tenaga medis yang mengawasi perawatan cedera Bernal, dr Gustavo Uriza, mengatakan bahwa dirinya yakin Bernal dapat kembali dengan cepat ke pelatihan dan kompetisi penuh. Pernyataan itu memicu spekulasi bahwa Bernal bahkan mungkin akan balapan lagi pada awal Mei. Akan tetapi, Ineos Grenadiers dengan cepat menepis kemungkinan itu.

 

Terlalu dini untuk memprediksi kapan Egan akan kembali ke arena balap sepeda,” kata Wakil Manajer Tim Rod Ellingworth kepada Cyclingnews.

 

Bernal kini telah tinggal di Eropa sejak awal Mei. Bernal memilih ke Benua Biru agar lebih dekat dengan timnya. Dengan begitu, proses rehabilitasi setelah cedera dapat tertangani dengan baik.Bernal berlatih dua jam sehari dengan sepeda. Serta menjalani fisioterapi dan latihan di gym. Rutinitas itu dijalani agar proses penyembuhannya berjalan lebih cepat,” tambahnya.

 

Kini Bernal tidak sendirian di Andorra. Ia akan ditemani sejumlah pembalap Ineos Grenadiers lainnya. Sebut saja Carlos Rodriguez, Pavel Sivakov, Laurens de Plus, dan Ethan Hayter. Jika semuanya berjalan lancar, Bernal bisa tampil pada awal Agustus mendatang. Bahkan, bukan tidak mungkin ia tampil di La Vuelta a Espana tahun ini. (*)

Sumber:

Berita Terkait