Salat Iduladha Kembali Digelar di Masjid Al-Akbar Surabaya

Salat Iduladha Kembali Digelar di Masjid Al-Akbar Surabaya

Plt Gubernur Jatim Emil Dardak menyerahkan sapi dari Jokowi. ke pada pengurus Masjid Al Akbar Surabaya.-Boy Slamet-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Mudik Lebaran pada Mei lalu terbukti tak memunculkan gelombang baru pandemi Covid-19. Kapasitas Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS) pun kembali dibuka penuh. Menampung 45 ribu orang seperti salat Idulfitri lalu.

Ribuan jamaah memadati sejak pukul 05.30, Minggu, 10 Juni 2022. Tampaknya, jumlah jamaah melebihi kapasitas. Itu terlihat dari membeludaknya jamaah yang salat di halaman masjid dengan beralas koran bekas.

”Alhamdulillah, bisa full lagi seperti salat Idulfitri. Senang banget rasanya,” ujar Dian Paramitha, salah seorang jamaah yang tak kebagian tempat di dalam masjid. Warga Jambangan itu datang bersama ibunyi.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak beserta istri, Arumi Bachsin, ikut salat di masjid dua lantai itu. Ia juga bersyukur salat Id berjamaah bisa kembali digelar dengan kapasitas penuh. Meski, harus tetap menerapkan protokol kesehatan untuk keamanan semua jamaah.

Mantan bupati Trenggalek itu juga menyerahkan sapi kurban miliknya seusai salat. Juga, sapi dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang kini sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Keduanya dibeli dari peternak yang sama, yaitu Budiono asal Desa Kanten, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu, Emil menyerahkan Slamet, sapi milik Presiden Jokowi yang dibeli dari peternak asal Probolinggo. 

Total jumlah hewan kurban yang disembelih di MAS tahun ini ialah 26 sapi dan 57 kambing. Pemotongannya melibatkan juru sembelih halal Pemprov Jatim dan pekerja rumah potong hewan. ”Semoga bermanfaat untuk semuanya,” tandas Emil. (*)

 

Sumber: