Ketika PDAM Ikut Kampanye Potong Kurban di RPH Surya, Demi Kebersihan Sungai

Ketika PDAM Ikut Kampanye Potong Kurban di RPH Surya, Demi Kebersihan Sungai

Satpol PP Surabaya masih mendapati warga yang mencuci jeroan di Anak Sungai Brantas yang jadi sumber air baku PDAM.-Satpol PP Surabaya-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pemkot Surabaya mengimbau pemotongan hewan kurban dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Surya. Selain lebih terjamin kebersihan dan mutunya, pemotongan di RPH juga tidak mencemari sungai.

Sebelum Idul Adha Pemkot mengirim surat pemberitahuan ke semua instansi hingga RT/RW. Panitia kurban diharapkan memanfaatkan jasa potong di RPH Surya. Yakni salah satu BUMD milik pemkot Surabaya yang menjual jasa potong hewan ternak.

Jika warga memotong sendiri hewan kurbannya, maka sampahnya diharapkan dibuang ke tempat penampungan sementara (TPS). Kalau tidak bisa diangkut tinggal telepon 112. Akan ada petugas kebersihan yang mengangkut.


Penyerahan sapi dari PDAM Surabaya untuk masyarakat. -PDAM Surabaya-

“Kami potong belasan sapi di RPH sebagai sinergi antar BUMD,” ujar Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya Arief Whisnu, Senin 11 Juli 2022. Biasanya RPH Surya yang jadi pelanggan PDAM. Kini sebaliknya.

Selain pemotongan, PDAM juga bekerjasama dalam pengadaan sapi. Sapi yang didatangkan di RPH Surya telah memiliki surat sehat dari wilayah masing-masing. Dokter hewan RPH dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya ikut mengontrol.

Sapi kurban tersebut diantaranya didistribusikan ke masjid-masjid yang berada di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya yaitu masjid Al Muhajirin Jalan Jimerto, masjid di lingkungan kantor pusat PDAM yaitu masjid Al-Ittihaad di Jalan Gubeng Masjid, masjid di lingkungan IPAM Ngagel yaitu Masjid Roudhotul Falah di Jalan Ngagel Rejo Kidul, serta masjid di lingkungan IPAM Karangpilang yaitu Masjid Jami Baitussalam di Jalan Warugunung Karangpilang. 


Sapi sumbangan PDAM Surya Sembada dikuliti di RPH Surya, Senin, 11 Juli 2022.-PDAM Surabaya-

Sapi kurban PDAM dipastikan bebas dari wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). “Karena sapi PDAM seluruhnya dibeli dari RPH yang dicek kesehatan dulu dari daerah asal serta diperiksa lagi di RPH,” lanjut mantan Dirut JX International itu.

Untuk mencegah penularan PMK, sapi-sapi PDAM dimasukkan ke tempat khusus. Steril, bersih, dan diawasi petugas.


Proses pengemasan sapi sumbangan PDAM Surya Sembada di RPH Surya, Senin 11 Juli 2022. -PDAM Surabaya-

Pagi ini, belasan sapi itu dipotong di RPH. Daging lalu dimasukkan ke kantong-kantong untuk dibagikan ke warga. 

Sinergi itu sebenarnya berdampak panjang bagi kedua perusahaan terutama PDAM. Hampir seluruh air baku PDAM berasal dari anak sungai Brantas. 

Selama ini masyarakat yang memotong sendiri hewan kurbannya mencuci jeroan dan membuang kotoran hewan kurban ke sungai. Pemkot sudah menyediakan jasa angkut kotoran ternak melalui layanan 112. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: