Sumbatan Aloha Dibongkar, Macetnya Pindah Bungurasih

Sumbatan Aloha Dibongkar, Macetnya Pindah Bungurasih

Pembongkaran lapak di sisi barat Bundaran Aloha.-Boy Slamet/Harian Disway-

SIDOARJO, HARIAN DISWAY - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor berjanji, lapak yang menghalangi pelebaran pertigaan Bangah-Aloha dibongkar akhir Juli. Pelebaran digelar Agustus. Sumbatan itu jadi solusi kemacetan Aloha karena proyek Flyover masih lama.

Pembongkaran dumulai Kamis, 21 Juli lalu.  Satu alat berat milik Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Sidoarjo diterjunkan.

Lima lapak yang sudah dikosongkan sudah rata dengan tanah. Pembongkaran dimulai dari sisi utara lalu ke selatan.

Hingga hari ini, Jumat, 22 Juli 2022, warga yang menempati bangunan di tanah TNI AL itu masih belum pindah. Namun mereka mulai mengosongkan bangunannya.

Pemkab Sidoarjo memberi mereka waktu hingga 27 Juli 2022. Jika menolak, maka Satpol PP bakal melakukan pembongkaran paksa. 

Kendati begitu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor meminta pembongkaran lapak harus dilakukan dengan humanis. Terdapat 58 lapak yang terkena proyek pelebaran jalan tersebut.

"Proses ini (pembongkaran lapak) berjalan dengan sangat humanis, dari 58, ada 28 orang pemilik lapak yang ber KTP Sidoarjo, mereka semua sudah diberi dana kerohiman dan fasilitasi untuk pemindahan,"sampainya.

Gus Muhdlor mengatakan Pemkab Sidoarjo telah menyediakan tempat relokasi bagi pemilik lapak agar dapat meneruskan usahanya. Letaknya di Pasar Kedungrejo Kecamatan Waru. Pemindahannya pun akan difasilitasi Pemkab Sidoarjo. "Ini terpaksa kami lakukan bukan karena pak bupati, tapi ini semua untuk masyarakat Sidoarjo dan menjadi aspirasi masyarakat Sidoarjo tentang kemacetan disini,"sampainya.

Pelebaran jalan mulai dikerjakan Agustus nanti. Karena tidak terlalu panjang, proyek bisa selesai di bawah 1 bulan.

Apakah upaya itu bisa menuntaskan kemacetan? Terutama di jam sibuk pagi hari.

Dari pantauan Jumat Pagi, kemacetan menuju ke Surabaya sudah dimulai sejak Perempatan gedangan. Lalulintas makin padat di Aloha. 

Namun, macetnya ternyata terus mengular ke utara. Bus dan angkot yang ngetem di depan Terminal Purabaya atau Bungurasih jadi penyebab keruwetan lalulitas itu.

Lalulintas baru lancar setelah masuk ke Tol Waru atau A Yani Surabaya. Jadi, selama keruwetan di Bungurasih belum terurai, macet Sidoarjo-Surabaya bakal terus terulang. Apalagi sekolah sudah masuk sepekan terahir. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: