Mobilman Mitra Grup Blue Bird Lelang Mobil Bekas

Mobilman Mitra Grup Blue Bird Lelang Mobil Bekas

CEO Mobilman Danang Wikanto dan General Manager Caready, Biem Hadiedy Kartawijaya bersalaman.-istimewa-

JAKARTA, HARIAN DISWAY- Marketplace mobil bekas PT Mobilman Digital Indonesia bermitra dengan PT Balai Lelang Caready, anak perusahaan PT Blue Bird Tbk. dalam penjualan mobil bekas. MoU diteken CEO Mobilman, Danang Wikanto dengan Direktur PT Caready, Hery Sugiarto, Rabu, 27 Juli 2022.

Bagaimana teknis kerjasama antara marketplace dengan balai lelang? Danang Wikanto kepada wartawan di Jakarta, menjawab: "Antara PT Mobilman dengan PT Caready sama-sama bergerak di bidang mobil bekas. Cuma beda bentuk. Dengan kerjasama ini, kami bersinergi."

Dijelaskan Danang, sejak pandemi Covid-19 mereda di Indonesia, dunia usaha menggeliat bangkit. Volume penjualan mobil baru, naik. Volume penjualan mobil bekas, ikut naik. "Pembeli mobil baru, umumnya menjual dulu mobil lama mereka. Kemudian membeli mobil baru. Hanya sedikit pembeli mobil baru, sebagai mobil pertama mereka," katanya.

Di jual-beli mobil bekas, terbentuk budaya begini: Pembeli mobil bekas inginnya dua: 1) Mobil bagus. 2) Harga murah. Sebaliknya, penjual mobil bekas berharap dua: 1) Harga tertinggi. 2) Cepat laku.  Akibatnya sulit ketemu.

"Tapi, bagi pembeli dan penjual berpengalaman, tidak begitu lagi. Mereka realistis mengikuti harga pasar. Harga, sesuai dengan kondisi mobil. Biasanya, mereka pedagang mobil bekas. Yang jumlahnya tidak sebanyak end user," tuturnya.

Marketplace Mobilman.id sebagai sarana jual-beli mobil bekas menjadi lalu-lintas antara penjual dengan pembeli. Per hari, rata-rata 112 unit mobil bekas diiklankan di situ. Jumlah pengunjung (viewers) rata-rata 1.900 viewers. Perbandingan antara tingkat laku dengan mobil teriklan: 1 banding 12.

"Maka, lebih banyak mobil teriklan yang tidak laku. Sedangkan esok harinya, iklan suatu mobil tertimpa oleh (rata-rata) 112 iklan baru. Esok harinya lagi, iklan semakin tenggelam tertimpa iklan baru. Padahal, di antara ratusan mobil teriklan itu, ada mobil kondisi bagus harga realistis, tapi tidak laku," tutur Danang.

Sebaliknya, PT Balai Lelang Caready, sebagai perusahaan lelang mobil bekas terpercaya Indonesia, rutin melelang mobil bekas, sepekan dua kali untuk area Bekasi melalui website www.caready.co.id . 

Lelang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu  secara online dan offline. Ada ratusan  mobil dilelang di situ, setiap kali acara lelang.

General Manager Caready, Biem Hadiedy Kartawijaya, kepada wartawan mengatakan: "Perbandingan antara mobil yang dilelang dengan mobil yang laku, rata-rata sekitar tiga mobil terlelang, satu mobil laku."

Tingkat laku di Caready sangat tinggi, sebab harga mobil terlelang di Caready sangat realistis dengan kondisi mobilnya. Juga, calon pembeli peserta lelang memang sudah siap beli. Sudah siap bayar. Maka, mobil sangat cepat laku.

Kerjasama Mobilman dengan Caready praktiknya, begini: Mobil yang diiklankan di Mobilman dan ternyata belum laku, akan dihubungi oleh para staf Mobilman. Penjual mobil ditawari oleh pihak Mobilman, agar mobil tersebut dilelang di Caready. Supaya cepat laku.

"Kalau penjual menolak, selesai. Kalau penjual setuju, ditentukan harga paling realistis. Setelah penjual sepakati harga, maka mobil akan dibawa ke tempat lelang PT Balai Lelang Caready di Bekasi," tutur Danang.

Seumpama, mobil milik pengiklan di Mobilman belum laku di pelelangan pertama, bisa diulang lagi pada lelang hari berikutnya. Tetap, atas persetujuan pemilik mobil. Sampai mobil laku.

Sumber: