Menu Serba-Nusantara di Tiga Hotel Sambut Kemerdekaan Indonesia

Menu Serba-Nusantara di Tiga Hotel Sambut Kemerdekaan Indonesia

--

Demam peringatan HUT RI ke-77 sudah terasa. Di tiga hotel; HARRIS Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya, Luminor Hotel Jemursari Surabaya, dan ASTON Inn Gresik, nuansa itu ada dalam menu-menu yang serbamerah-putih.

Ada selera yang senada di ketiga hotel ini. Buktinya Nusantara tetap juara sebagai andalan menyiapkan menu-menu istimewa yang disiapkan menjelang perayaan Hari  Kemerdekan RI yang sebentar lagi tiba.

Di HARRIS Cafe Bundaran Satelit Surabaya, Chef Mas Zainal menyiapkan makanan dan minuman yang namanya berbau Agustusan. ”Nama menunya Nasi Merah Pejoeang,” katanya.


Nasi Merah Pejoeang di HARRIS Cafe Bundaran Satelit Surabaya disiapkan Chef Mas Zainal untuk menyambut Agustusan--

Terinspirasi dari perjalanan kuliner dan cita rasa lokal serta bumbu–bumbu khas Nusantara. ”Kami buat ayam goreng kremes, telur balado dan telur dadar mie serta sambal tradisional yang disajikan dengan nasi merah yang gurih serta sambal bawang khas HARRIS Cafe,” terang Chef Mas Zainal.

Biar nuansa Agustusan makin kental, minumnya disediakan sogem alias soda gembira yang juga memerah. ”Kalau pesan paket ini sudah terbayang serunya merayakan Kemerdekaan Indonesia,” tambah Eenk Zulkarnain, Marketing & Branding Communication Manager HARRIS Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya.

Pemilihan nuansa Nusantara itu karena pihaknya ingin mengingatkan bahwa sajian lokal Nusantara itu tetap yang ternikmat. Tak kalah dengan sajian internasional. ”Makanya kami sajikan menu tersebut dengan alas daun biar aromanya makin menggugah selera,” terang Chef Mas Zainal.


Sukismanto, Executive Chef Luminor Jemursari Surabaya, menyajikan Menu Pedjoeang di Rock ’n Sugar Coffee and Bistro; Nasi Bakar Bambu Runcing Nusantara dan Es Soda Merdeka, buatannya.

Senada, Luminor Hotel Jemursari Surabaya juga punya Menu Pedjoeang bagi pengunjung restoran di Rock ’n Sugar Coffee and Bistro. Dua menu baru itu Nasi Bakar Bambu Runcing Nusantara dan Es Soda Merdeka.

Disajikan oleh Sukismanto, Executive Chef Luminor Jemursari Surabaya, selama bulan Agustus. Nasi bakar bambu runcing Nusantara tak lain adalah nasi dengan isian ikan laut suwir yang diolah dengan bumbu rica-rica.

 

Rasa nasi bakar itu sangat gurih dan sedikit pedas. Diolah dengan bumbu serta rempah-rempah khas Indonesia. Seperti daun kemangi, jahe, sere, tomat, cabe, kemangi dan merica yang memperkuat rasa khas masakan Nusantara. 

Nasi bakar itu dibungkus daun pisang dan dibentuk menyerupai bambu runcing. ”Itu mengingatkan kita dengan senjata yang digunakan pada saat peperangan menuju kemerdekaan Indonesia. Dan proses pembakaran nasinya makin membuat lezat saat disantap,” ungkapnya. 

Tak lupa unsur protein yang berasal dari ikan dan udang khas dari kekayaan laut Indonesia. ”Bisa disantap sebagai sajian makan siang atau makan malam. Makannya makin enak dengan kremesan, kerupuk, dan sambal bajak,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: