Gus Ipul Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Gus Ipul Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

SUASANA khidmat renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kota Pasuruan. -Lailiyah Rahmawati-

HARIAN DISWAY, PASURUAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menggelar apel kehormatan dan renungan suci untuk mengenang jasa pahlawan pada Selasa, 16 Agustus 2022. Renungan suci tersebut dimulai pukul 23.45 di Taman Makam Pahlawan Kota Pasuruan

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menjadi inspektur upacara. Apel kehormatan dan renungan suci berlangsung khidmat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Pasuruan.

Gus Ipul menyampaikan, malam renungan suci adalah momen mengenang jasa pahlawan nusa dan bangsa yang telah meninggal dunia. 

”Para pahlawan mengorbankan tenaga, harta, dan jiwa raga demi merebut dan mempertahankan negeri NKRI ini,” ungkap Gus Ipul dalam sambutannya. 

Apel kehormatan dan renungan suci diawali dengan persiapan anggota prajurit, penyalaan obor oleh Pramuka, pembacaan teks apel kehormatan dan renungan suci, mengheningkan cipta, penyalaan lilin oleh petugas, pembacaan doa, penghormatan terhadap arwah para pahlawan, dan diakhiri dengan laporan komandan apel ke inspektur apel.

Gus Ipul kemudian membacakan teks apel kehormatan dan renungan suci yang berisi dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-77. 

”Kami yang hadir pada hari ini tanggal 17 Agustus 2022 pukul 00.00 WIB. Pada apel mengenang arwah dan jasa para pahlawan Kota Pasuruan yang telah bersemayam di makam ini jumlahnya, satu, TNI-Polri 182 pahlawan. Dua, pejuang rakyat 31 pahlawan. Tiga, pahlawan tak dikenal 41 pahlawan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan terhadap perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” lanjut Gus Ipul. 

Gus Ipul menuturkan, makna Hari Kemerdekaan adalah penyemangat untuk mempertahankan kedaulatan NKRI dan menjaga keutuhan NKRI. Oleh karena itu, Gus Ipul menekankan pentingnya toleransi dan demokrasi untuk mewujudkan cita-cita bangsa tersebut. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: