Cheng Yu Pilihan Staf ITPC KJRI Shanghai Ahmad Riandi: Bai Fa Bai Zhong

Cheng Yu Pilihan Staf ITPC KJRI Shanghai Ahmad Riandi: Bai Fa Bai Zhong

Cheng Yu Ahmad Riandi--

AHMAD Riandi suka sekali dengan pepatah "百发百中" (bǎi fā bǎi zhòng), yang terjemahan harfiahnya: "seratus kali memanah, seratus kali kena sasaran". Cheng yu ini berasal dari kisah yang dicatat Liu Xiang 刘向 dalam kitab Strategi Negara Berperang (Zhan Guo Ce 战国策). 

Diceritakan di sana, dahulu kala, ada prajurit yang sangat pandai membusur. Begitu titis. Tak pernah meleset barang satu kali pun. Semua orang terkagum-kagum. Tanpa tahu bagaimana usaha kerasnya untuk mencapai titik itu.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Tavan Dutton: Suan Tian Ku La

"Dari sini bisa kita pahami, efektivitas dan efisiensi dihasilkan dari upaya dan proses pembelajaran yang tanpa henti," kata Andi, yang kini bekerja di Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Shanghai.

Lebih lanjut, Andi menjelaskan, "Juga ada ungkapan klasik dalam bahasa Mandarin, '欲穷千里目, 更上一层楼' (yù qióng qiān lǐ mù, gèng shàng yì céng lóu). Yang artinya: jika Anda ingin melihat sejauh seribu mil, Anda harus memanjat lantai yang lebih tinggi. Metafora tersebut menggambarkan, hanya dengan belajar dan praktik terus-menerus, baru kita akan dapat melihat sesuatu dengan lebih jernih." 

Makanya, Andi yang alumni sekaligus dosen praktisi Universitas Gadjah Mada, selalu ingin menjadi pembelajar yang baik, agar dapat memberikan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitarnya. Menurutnya, segala sesuatu yang ditekuni pasti akan membawa hasil.

Selama menekuni karir di Shanghai, Andi telah banyak membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ingin mengekspor produk-produk potensialnya ke Tiongkok. Ia sendiri juga mencoba peruntungan dalam pengembangan properti dan ekpor-impor melalui beberapa grup perusahaan yang didirikan bersama rekan-rekannya. 

"Setiap orang memiliki hak untuk sukses. Tapi, setiap orang memiliki path-nya masing-masing. So, enjoy the rhythm and be happy!" kata Andi. (*)

 

Sumber: