Memaknai Slogan PawaEdu with Dogs: Anjing Bahagia, Keluarga Bahagia

Memaknai Slogan PawaEdu with Dogs: Anjing Bahagia, Keluarga Bahagia

Milea bermain dengan anjing poodle miliknya pada PawaEdu Dogs Walk, 10 Juli 2022.-Boy Slamet/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Paguyuban Warga Citraland (Pawacitra) dan Dog Lovers Community Citraland (DLCC) Surabaya mengusung tema Anjing Bahagia, Keluarga Bahagia pada acara PawaEdu with Dogs, Minggu, 28 Agustus 2022 nanti. Kalimat itu tak sekedar slogan biasa. Ada alasan ilmiah di baliknya. 

Sebuah artikel di  Psychology Today menyatakan bahwa hewan peliharaan dapat meningkatkan perspektif lebih positif dan optimis ke pemiliknya. Bahkan bisa mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

BACA JUGA: PawaEdu with Dogs Kurang Dua Hari Lagi, Intip Susunan Acaranya

Animal Expert Karen Winegar, mengatakan bahwa ikatan seseorang dengan hewan peliharaannya bisa langsung meresap ke hati dan emosi. "Bahkan orang lain pun tak bisa menggantikan efek positif dari relasi afektif antara pemelihara dan hewan peliharaan,” ucapnya.

Anjing membuat pemiliknya merasa dicintai. Efeknya ke produksi oksitosin atau hormon bahagia. Saat berinteraksi, dengan mengelus atau memeluk, kadar oksitosin meningkat. Oksitosin membuat pemiliknya lebih rileks sekaligus lebih percaya diri.


--

Namun semua itu hanya bisa didapat ketika pemilik hewan memperlakukan peliharaannya secara benar. Ada efek timbal balik.

Ketua Umum Paguyuban Warga Citraland (Pawacitra) Frans Waruwu  sangat prihatin dengan kondisi-kondisi anjing yang tidak diperhatikan  oleh pemiliknya. “Terkadang orang-orang bisa saja membeli anjing, cuma tidak semua orang bisa merawatnya dengan baik," ujar dogs lover yang jago memainkan ukulele itu.

Pada dasarnya anjing adalah hewan yang cerdas, penurut dan setia kepada majikannya.  Kasih sayang yang mereka terima inilah yang akan berbalik menjadi energi positif. Makanya slogan Anjing Bahagia, Keluarga Bahagia ini terus dikampanyekan. 

PawaEdu with Dogs menjadi salah satu upaya untuk mencapai slogan itu. Dogs lover bisa saling bersosialisasi dan berbagi pengalaman sembari memperingati Kemerdekaan RI ke 77.  

Unsur edukasi sangat ditekankan. Ada juga demo agility dan coaching clinic untuk pemilik dan anjingnya sebelum perlombaan. 

“Di luar sana banyak sekali anjing yang ditelantarkan dan tidak diperhatikan oleh majikannya, kita kan prihatin kalau lihat anjing-anjing itu tidak diberi kepedulian," lanjut Frans.

Di lingkup citraland, terdapat ratusan anjing yang dipelihara oleh warga. Hal itu juga yang membuat Pawacitra membuat komunitas yang bernama DLCC (Dog Lovers Community Citraland). Komunitas ini terbentuk sejak  awal Juni 2022.

Mereka rutin mengadakan Dogs Walk. Anjing diajak jalan-jalan di lingkungan sekitar Citraland Surabaya

Dari pertemuan intensif itulah muncul ide untuk mengadakan acara yang lebih besar dan mencakup warga yang banyak. DLCC juga mengajak beberapa pecinta anjing dan masyarakat umum. Tak hanya di lingkup Citraland Surabaya. (*)






Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: