PawaEdu with Dogs, Ciptakan Bonding Anjing-Majikan

PawaEdu with Dogs, Ciptakan Bonding Anjing-Majikan

VANIA ARETA memandu anjing poodle bernama Cassie dalam lomba basic agility.-Alfiyanto Indra-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pecinta anjing pasti sangat terhibur bila hadir di acara PawaEdu with Dogs di Ciputra Waterpark, CitraLand, Surabaya, Minggu 28 Agustus 2022. Ratusan anjing berbagai jenis berkumpul untuk unjuk kebolehan. Betapa lucu melihat anjing-anjing itu berkompetisi.

Kegiatan itu diadakan oleh Paguyuban Warga CitraLand (Pawacitra) dan Dogs Lover Community CitraLand (DLCC). "Ini event puncak dari rangkaian kegiatan yang kami gelar sepanjang Agustus. Intinya kami ingin menciptakan bonding antara anjing dan pemiliknya," kata Budijanto, ketua panitia PawaEdu with Dogs.

BACA JUGA:Lomba Sekaligus Edukasi

Acara itu dihadiri oleh Camat Lakarsanti Harun Ismail, Camat Benowo Denny Christupel Tupamahu, Ketua Umum Pawacitra Frans Waruwu, Direktur Utama Harian Disway Tomy C. Gutomo, Ketua Samoyed Social Club Indonesia Johannes Salim, dan Owner Pawvilion Dog Park & Cafe Billy Andi Hartono.


JOHANNES Salim (empat dari kiri) bersama anjing Samoyed miliknya.-Tomy C. Gutomo-Harian Disway-

Johannes Salim membawa enam Samoyed kesayangannya. Samoyed merupakan salah satu jenis anjing mahal. Anjing dari Serbia itu harganya bisa mencapai Rp 17 juta per ekor. “Sebenarnya nama saya Johannes Salim tapi sering disebut dengan Samoyed karena saya suka dengan anjing-anjing Samoyed. Saya telah berkelana hingga ke mancanegara, semua itu saya lakukan untuk edukasi saya dan anjing saya,” Johannes.

Berbagai jenis lomba digelar. Ada lomba makan, Pawshion Show, dan Agility Fun. Dalam Pawshion show sendiri dibagi menjadi kategori obedience dan harmony. Sedangkan untuk Fun Agility meliputi basic small medium dogs dan advance small medium dogs. 

Aaron Cornelius mengikuti lomba agility fun dengan membawa anjing berjenis shih tzu. “Sebelumnya pernah ikut, tapi anjingku masih nervous dan belum lincah,” ucap Aaron. 


PESERTA Pawshion Parade dari Dogs Lover Community CitraLand beraksi di atas panggung.-Tomy C. Gutomo-Harian Disway-

Sebelum lomba, pemilik anjing mendapat coaching clinic dari para trainer Pawvilion dan Surabaya Agility Club. Untuk Agility Fun dan Pawshion Show, paling dasar penilaian adalah terkait obedience dan harmony. Akrobatik adalah nilai tambah pada Agility Fun. 

Para peserta juga mendapat tambahan wasan dari Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin). Lembaga yang meneliti tentang anjing, utamanya di bidang anatomi dan biologi. Yuni Rahmi Dude, peneliti dan anggota dari Perkin, memberikan materi dan edukasi mengenai anjing terhadap masyarakat. (*)


-Rozi Hamdani-Harian Disway-


Anto membimbing Toto, (anjing poodle) mengikuti lomba Advance Agility.-Alfiyanto Indra-Harian Disway-


BOMI, anjing poodle milik Angelika Witarsa menjadi juara Pawshion Show.-BOY SLAMET-Harian disway-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: