Ungu Rayakan Ultah ke-26 di Malaysia

Ungu Rayakan Ultah ke-26 di Malaysia

--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Jungkir balik perjalanan grup musik asal Jakarta Ungu tahun ini akan memasuki usia 26 tahun. Perayaan ulang tahun mereka bakal ditandai dengan menggelar konser.

Berdiri sejak 8 Juli 1996, grup musik Ungu telah merilis tujuh album studio, enam album religi, dan 22 album kompilasi. Sejak didirikan, Ungu terus mengalami pergantian formasi hingga tahun 2003, kecuali Makki yang masih bertahan.

Dengan posisi Makki sebagai bassis, vokalis Pasha, gitaris Enda dan Oncy, dan penggebuk drum Rowman itu, mereka akan menggelar konser langsung (live concert) di Star Convention & Exhibition Center, Menara PGRM, Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu, 19 November 2022.

Tentang konser yang segaja digelar dalam rangka merayakan ulang tahun Ungu yang ke-26 itu, Chief Operating Officer Star Planet Sdn Bhd Carmen Liew dalam keterangan tertulisnya di Kuala Lumpur, mengatakan bahwa grup musik Indonesia yang populer sejak era ’90an itu sekaligus menandai kembalinya Ungu ke Malaysia.

Tercatat kunjungan terakhir Ungu ke Malaysia adalah pada 2017. ”Jadi setelah lima tahun termasuk terhalang karena pandemi, rencananya Ungu akan menggelar konser lagi di Malaysia yang diadakan oleh Star Planet di Kuala Lumpur,” kata Carmen.

Pilihan menggelar konser di Malaysia itu tidaklah salah. Sebab para penggemar mungkin mengharapkan penampilan penuh mereka saat membawakan lagu-lagu hits. ”Di antaranya yang Demi Waktu, Tercipta Untukku, Andai Kau Tahu, Kekasih Gelapku, dan banyak lagi,” katanya.

Tentang publik Malaysia, Carmen yakin bahwa Ungu akan bisa diterima dengan baik. Sebab selama ini lagu-lagu Ungu juga sangat populer di negeri itu. Seperti album Melayang yang diluncurkan Ungu pada 2005, menurut dia, dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Malaysia.

Bahkan meraup sukses besar sehingga menempatkan mereka pada daftar superstar internasional, mendapatkan popularitas luar biasa di Indonesia dan berbagai negara Asia.

Rekaman asli mereka pada 2006, termasuk single Demi Waktu dan album studio Melayang disiarkan secara luas di stasiun radio di Indonesia dan Malaysia. Ungu juga menjadi nominasi untuk Grup Musik Terbaik di MTV Asia Music Awards pada tahun yang sama.

”Butuh 10 tahun bagi Ungu untuk menorehkan namanya dalam kancah musik mainstream di Malaysia dan para penggemar musik di Malaysia akan mendapat kesempatan untuk kembali menikmati penampilan Ungu,” katanya. 

Bagi yang meminati konser tersebut, tiket sudah mulai dapat dibeli pada Selasa, 30 Agustus 2022 pukul 12.00 waktu Kuala Lumpur lewat situs tiket2u.com.my dengan harga RM188, RM328, RM458, dan RM598(1 RM setara Rp3.312). 

Dalam waktu dekat, Ungu juga akan menggelar konser di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, Minggu, 4 September 2022 pukul 19.00. Rencana tampilnya Ungu di Lembah Harau berawal dari perjalanan Makki Ungu dan para sahabatnya mengeksplorasi alam. 

Ketika menjelajahi negeri dan berbagi untuk sesama, tercetuslah keinginan untuk turut mempromosikan destinasi wisata Indonesia pada daerah yang mereka kunjungi. Tentu saja diwujudkan dalam bentuk event musik akustik menyatu dengan alam yang digelar dalam tajuk Parikustik 2022 (Pariwisata dan Musik Akustik). 

Karena itu akan ada aneka kesenian tradisional, Bazar UMKM dan penampilan akustik Ungu Band. Harga tiket untuk menonton konser Ungu ini mulai dari harga Rp50 ribu. Belum termasuk tiket wisata masuk kawasan Lembah Harau. Selain bisa menikmati pesona tebing cadas, air terjun di Lembah Harau sangatlah eksotis. (*)

Sumber: