Cheng Yu Pilihan Soeharsa Muliabrata: Gao Zhan Yuan Zhu

Cheng Yu Pilihan Soeharsa Muliabrata: Gao Zhan Yuan Zhu

Cheng Yu Soeharsa Muliabrata--

ZAMAN sekarang, sangat dibutuhkan orang yang bisa seperti pepatah pilihan Soeharsa Muliabrata: "高瞻远瞩" (gāo zhān yuǎn zhǔ). Yang terjemahan bebasnya: berdiri di tempat yang tinggi, sehingga bisa memandang jauh.

Maksudnya, kita mesti menjadi orang yang mampu melihat sesuatu secara menyeluruh, tidak separo-separo. Agar bisa memberikan pendapat yang tidak tendensius, berat sebelah. "Adil sejak dalam pikiran dan perbuatan," kalau kata Pram.

Untuk bisa begitu, kita harus mempunyai apa yang disebut sebagai "bird's-eye view": perspektif burung yang sedang terbang. Karena berada di ketinggian, dapat menyaksikan semuanya dengan jelas.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Ketua Umum Eka Tipta Foundation Hong Tjhin: Di Shui Cheng He, Li Mi Cheng Luo

Beda dengan "horse's eye view": sudut pandang kuda berkacamata. Anda sudah tahu, kuda penarik dokar sengaja dipasangi kacamata supaya tidak plirak-plirik kanan-kiri; hanya fokus pada yang ada di depan matanya. Akibatnya, pola pikirnya menyempit dan kaku.

Biar luwes, kudu banyak-banyak belajar dan menebar kebaikan kepada siapapun. Itu yang dilakukan Soeharsa.

Selain sibuk berbisnis sarang walet, ia pergunakan waktunya untuk membantu orang lewat yayasan yang dua periode diketuainya: Yayasan Sosial Abdihusada Utama. Kini ia menjadi wakil ketua dewan pembina di yayasan tersebut.

Klinik Abdi Husada Utama yang berada di bawah naungan yayasan tersebut, sudah bertahun-tahun rutin menggelar pengobatan dan operasi katarak gratis.

Tim medisnya sampai dilatih ke Kathmandu, Nepal, yang terkenal dengan keahlian dan kecanggihannya dalam mengobati katarak. Banyak yang telah menerima manfaat dari budi baik Soeharsa beserta teman-teman sesama pengusahanya –yang terbiasa bederma untuk ini.

Sehat selalu, Pak Soeharsa. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: