Cheng Yu Pilihan Owner Satoria Group Alim Satria: Ci Di Wu Yin San Bai Liang

Cheng Yu Pilihan Owner Satoria Group Alim Satria: Ci Di Wu Yin San Bai Liang

Cheng Yu Alim Satria--

ALIM Satria alias Lin Wenying 林文英 suka sekali dengan pepatah "此地无银三百两" (cǐ dì wú yín sān bǎi liǎng). Yang terjemahan letterlijk-nya: "Tidak ada tiga ratus tahil perak di sini".

Peribahasa itu ada kisahnya. Lucu dan konyol sekali.

Konon, dulu ada seorang laki-laki yang memiliki 300 tahil perak. (1 tahil, kalau merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sama dengan 37,8 gram.)

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Owner PJM Group Teguh Kinarto: Bai Wen Bu Ru Yi Jian

Karena takut dicuri, buru-buru ia mengubur peraknya di ladang. Tapi, ia masih waswas kalau cuma begitu tetap akan ketahuan dan digali orang.

Makanya, ia kemudian berinisiatif membuat plang. Yang di atasnya ditulisi kata-kata yang jadi favorit Alim Satria tadi: "Tidak ada tiga ratus tahil perak di sini".

Ekspektasi kadang memang tak seindah realita. Mendapati tulisan tersebut, si Fulan, tetangga si laki-laki, tahu artinya mengisyaratkan sebaliknya: di bawah sana justru ada perak sebanyak 300 tahil.

Eureka! Digasaklah oleh si Fulan semua perak si laki-laki.

Namun, lantaran takut ketahuan, si Fulan menancapkan plang balasan: "Fulan tak pernah mencuri 300 tahil perak di sini".

Benar-benar cari mati. Si Fulan akhirnya ditangkap polisi. 

"Makna cheng yu ini adalah jika Anda ingin menyembunyikan atau menutupi beberapa hal, ujung-ujungnya tetap akan terbuka dan merugikan diri sendiri," terang Alim Satria yang merupakan owner Satoria Group.

Supaya tidak gelisah kepikiran macam-macam, Alim Satria berpesan, "Bersikaplah tegak lurus, jangan melakukan hal-hal buruk."

Persis satu ungkapan Tiongkok, "身正不怕影子斜" (shēn zhèng bù pà yǐng zi xié): kalau badan lurus, tak takut bayangannya akan miring. (*)

 

Sumber: