BREAKING NEWS!!! Pesawat Latih Bonanza TNI AL Jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya

BREAKING NEWS!!! Pesawat Latih Bonanza TNI AL Jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya

Ilustrasi pesawat G-36 Bonanza T-2503.-Dok Puspenerbal TNI AL-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pesawat udara (Pesud) milik TNI AL jatuh di  Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) sekitar pukul 09.30 WIB. Dalam rilis yang diterima Harian Disway, diketahui pesawat tersebut berjenis  G-36 Bonanza T-2503.

“Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II,” ujar Kadispen Koarmada II Letkol Asep Aryansyah dalam keterangan persnya, Rabu, 7 September 2022.

Hingga kini belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Pihak  TNI AL mengerahkan 7 KRI, 1 Pesud CN235, 2 helikopter, 2 KAL, 2 Tim Kopaska, dan 2 Tim Penyelam dalam misi pencarian. 

Kegiatan SAR dipimpin langsung oleh Pangkoarmada II dan Komandan Guspurla Koarmada II.

Pesawat latih tersebut buatan Beechcraft, Wichita, Kansas, Amerika Serikat, bermesin tunggal berkekuatan 300 HP, 6 Cylinder dan berbahan bakar avgas. 

G-36 Bonanza T-2503 mampu terbang dengan kecepatan maksimal hingga 326 kilometer per jam. Tinggi pesawat mencapai 2,62 meter dan panjang 8,38 meter. Sedangkan di bagian kabinnya lebih luas dari generasi sebelumnya.

Pesawat yang memperkuat Skuadron 200 ini memiliki 6 tempat duduk yang terdiri dari 2 kursi untuk pilot dan copilot, serta 4 kursi untuk penumpang. 

Pesawat itu juga memiliki kemampuan jelajah sejauh 1.713 kilometer dengan ketinggian 5.639 meter. (*)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: