Elizabeth Ratu Terlama

Elizabeth Ratu Terlama

RATU ELIZABETH II menghadiri pemakaman Pangeran Philip di Westminster Hall, 29 Maret 2021. Sekitar 1,5 tahun setelah kepergian Philip, Ratu menyusul kekasihnya.-Poll-Samir Husein-Getty Images via AFP-

LONDON, HARIAN DISWAY - Ratu Elizabeth II sempat disebut sebagai ’’manusia immortal.’’ Memang, dia seperti abadi. Usianya puanjaaang… Yakni, 96 tahun. Masa bertakhtanya juga sangat lama: 70 tahun dan 214 hari. Berikut catatan perjalanan perempuan kelahiran 21 April 1926 tersebut:

1952 – Putri yang Jadi Ratu

Saat berumur 25 tahun, Elizabeth sedang mengunjungi Kenya bersama suaminya, Pangeran Philip. Tiba-tiba, kabar mengejutkan datang dari Inggris. Raja George VI, ayah Elizabeth, meninggal pada 6 Februari 1952. Elizabeth, perempuan belia itu, diangkat menjadi ratu.

1953 - Penobatan


Penobatan Ratu Elizabeth II 1953.-Royal Gov-

Di akhir masa perkabungan, Elizabeth resmi menjadi ratu pada 2 Juni 1953 di Westminster Abbey. Dia dinobatkan di depan 8.500 tamu. Namanya menjadi: Ratu Elizabeth II.

1977 – Tahun Perak

Di tahun ini, Elizabeth mengulangi janjinya saat berumur 21 tahun pada 1947. Kala itu, dia berjanji akan mengabdikan seluruh hidupnya untuk Inggris dan negara persemakmuran yang dinaunginya.

1992 – Annus Horribilis (Tahun Mengerikan)

Pangeran Charles, putra sulung Elizabeth, bercerai dengan Putri Diana. Sedangkan Pangeran Andre, putra keduanya, berpisah dengan Sarah, sang istri.

Putri satu-satunya, Putri Anne, juga bercerai dengan Mark Phillips, sang suami. Lalu, Windsor Castle, istana milik Ratu di barat London, terbakar.

Elizabeth menyebut 1992 sebagai 12 bulan yang annus horribilis.

1997 – Tewasnya Lady Di


Lady Diana.-Globalnews-

Diana meninggal dalam kecelakaan pada 31 Agustus 1997. Kritik publik muncul, karena Ratu Elizabeth memilih tinggal di Balmoral Estate, Skotlandia.

Atas kritik itu, Elizabeth pulang ke Buckingham Palace. Bendera setengah tiang dikibarkan. Ratu mengucapkan belasungkawa atas kematian mantan menantunya. Publik pun tenang.

2002 – Tahun Emas

Perayaan pada tahun ini diwarnai oleh meninggalnya Ibu Suri Elizabeth, ibunda Ratu Elizabeth II. Selain itu, Margaret, adik Elizabeth juga berpulang.

Dukungan untuk keluarga kerajaan pun muncul. Warga menyemut di The Mall, di depan Istana Buckingham. Mereka melihat Brian May, gitaris Queen, memainkan lagu kebangsaan: God Save the Queen.

2011 – Kunjungan ke Republik Irlandia

Ini adalah kunjungan pertama monarki Inggris ke Republik Irlandia yang merdeka pada 1922. Saat kunjungan itu, Republik Irlandia melakukan operasi pengamanan terbesar dalam sejarahnya.

2012 – Tahun Berlian

Ratu Elizabeth II dikunjungi sejumlah pemimpin kerajaan dari berbagai negara. Terutama yang sudah senior. Itu menandai 60 tahun kepemimpinan Ratu Inggris tersebut. Pesta-pesta sungai digelar di London.

Pada tahun itu, Ratu juga muncul sebagai cameo dalam video pembukaan Olimpiade London bersama Daniel Craig, pemeran James Bond.

2021 – Covid-19, Philips, dan Keresahan soal Kesehatan


RATU ELIZABETH II dan salah seekor corgi kesayangan berjalan-jalan di tepi pantai, pada sebuah kesempatan tahun lalu.-Tim Graham-Getty Images via Harper's Bazaar

Pandemi membuat Ratu Elizabeth II yang sudah sepuh harus diisolasi di Kastil Windsor. Dari situ, dia menyapa publik melalui konferensi video.

Pangeran Philip meninggal pada April 2921 dalam usia 99 tahun. Ketika Ratu harus diopname semalam di rumah sakit dan mengurangi kegiatan, warga mulai khawatir terhadap kesehatannya. Inilah kali pertama rakyat Inggris mulai memandang bahwa akhir pemerintahan Ratu Elizabeth II sudah mulai terasa.

2022 - Raja Baru

Pangeran Charles langsung diangkat menjadi Raja Charles III sepeninggal Ratu Elizabeth II. Inilah kali pertama nama Charles dipakai sebagai nama raja sejak 1685. (Doan Widhiandono)

Sumber: Agence France-Presse

 

Sumber: