Pemimpin Monarki Terlama Dalam Sejarah Bukan Elizabeth II

Pemimpin Monarki Terlama Dalam Sejarah Bukan Elizabeth II

Penobatan Ratu Elizabeth II 1953.-Royal Gov-

LONDON, HARIAN DISWAY - Dulu, pemimpin tiap negara dipimpin oleh Raja dan Ratu sebagai negara monarki. Dunia telah berkembang pesat, Kerajaan mulai digantikan dengan republik. Menjadi pemimpin yang tidak terpaku dengan garis darah keturunan. Suara rakyat menjadi penentu siapa yang akan memimpin di esok hari. 

Meski begitu, tak semua negara ikut mengganti sistem pemerintahannya. Adapun negara yang masih bersikeras untuk mempertahankannya. Britania raya adalah salah satunya. Kepemimpinan bergaris darah biru. Menguasai seluruh kerajaan Britania.

Selain Britannia, banyak lagi negara yang masih mempertahankan sistem tersebut. 28 negara di dunia masih mempertahankan idealismenya sebagai negara monarki. Inggris Raya, Arab Saudi, Kuwait, Liechtenstein, Qatar, dan masih banyak lagi.

Sejarah kerajaan yang panjang dicatat oleh dunia. Di benak masyarakat, mereka mengingat pemimpin mereka yang terlah memimpin dalam waktu yang tidak singkat. Masa kepemimpinan yang tidak sebentar akan membuatnya lebih terpatri di jiwa rakyatnya.

Inilah beberapa pemimpin monarki di dunia yang memiliki masa jabatan terlama dalam sejarah dunia:

• Louis XIV ( 1643 – 1715)


Louis XIV ( 1643 – 1715)-Britannica-

Lahir 5 September 1638. Memimpin negara Prancis selama 72 tahun dari 14 Mei 1643 sampai 1 September 1715. Memerintah negaranya dari istana besarnya di Versailles. Dikatakan Louis adalah salah satu pemimpin yang mampu membuat Prancis dalam masa kejayaan. Bagaimana tidak, selama pemerintahannya, Louis mampu memperluas wilayah Prancis hingga menjadi seperti saat ini.

• Elizabeth II (1952 – 2022)


Ratu Elizabeth II -Instagram/Ranald Mackechnie / @theroyalfamily-

Bernama lengkap  Elizabeth Alexandra Mary. Lahir 21 April 1926. Memimpin Inggris Raya selama 70 tahun dari 6 Februari 1952 sampai 8 September 2022. Mampu melampaui Ratu Victoria dalam kurun waktu kepemimpinannya di sejarah Inggris. Yaitu selama 63 tahun. Kepergian Ratu Elizabeth saat ini sangat menggemparkan dunia. Dalam masa kepemimpinannya yang lama telah terpatri ingatan seolah-olah mengenalnya meskipun tidak pernah bertemu secara langsung.

• Bhumibol Adulyadej (1946 – 2016)


Bhumibol Adulyadej-Thailand Gov-

Lahir 5 Desember 1927. Serupa dengan Ratu Elizabeth, Raja Bhumibol Adulyadej memimpin Thailand selama 70 tahun. Raja kesembilan dari dinasti Chakkri, Raja Bhumibol diangkat menjadi raja untuk menggantikan posisi kakaknya yang meninggal di kamarnya dengan luka tembak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: britannica