SMKN 1 Sumenep Terima Curhat Siswa lewat Online

 SMKN 1 Sumenep Terima Curhat Siswa lewat Online

SEJUMLAH siswi SMKN 1 Sumenep men-scan barling di sekolahnya. -Humas SMKN 1 Sumenep untuk Harian Disway-

KEMAJUAN teknologi juga menyasar konseling di sekolah-sekolah. Selain menjaga kerahasiaan, cara itu diyakini bisa membuat siswa-siswi lebih leluasa curhat tentang masalah yang dialami. Terobosan tersebut dilakukan di SMK Negeri 1 Sumenep.

Nama program itu adalah barling (barcode counseling). Siswa yang ingin mengeluhkan masalah dan minta solusi tinggal men-scan barcode yang ditempel di sejumlah tempat di sekolah di Jalan Trunojoyo No 298, Panitian Selatan, Patean, Batuan, Kabupaten Sumenep, tersebut.

Setelah terhubung, siswa bisa menceritakan masalahnya. Tentu guru yang mendapat tugas memberikan konseling akan menanggapi. Tidak secara tatap muka, tetapi melalui gadget.

Ide itu dicetuskan Fajrullah, guru honorer di sekolah tersebut sejak 2017. Inovasi tersebut awalnya memang dibuat untuk menghadapi pandemi yang melarang tatap muka. Namun, ternyata banyak siswa-siswi yang memanfaatkan layanan tersebut.

Terobosan itu mendapat simpati dari Akis Jasuli, anggota Komisi IV DPRD Sumenep. ”Bagus. Karena penerapan barling ini sangat menyentuh pada kebiasaan setiap hari, yaitu konsultasi atau curhat lewat WA. Hanya saja dikemas ulang menjadi menarik dengan tampilan website,” kata Akis, Minggu, 18 September 2022.

Jasuli menilai, upaya pengembangan layanan pendidikan di lingkungan sekolah memang harus disesuaikan dengan tumbuh kembangnya siswa. ”Saya akan mendorong agar sekolah lain tetap melakukan inovasi,” pungkasnya. (*)

 

Sumber: