Wushu artikel

Airlangga Hartarto: KIB Solid karena Pakai Jurus Wushu

Airlangga Hartarto: KIB Solid karena Pakai Jurus Wushu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ahmad Dhani dan Karan Sukarno menyaksikan Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 di Graha Unesa, Surabaya, 20 September 2022-Boy Slamet-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Polemik yang terjadi di Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  tak berpengaruh kepada Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan Golkar, PPP, dan PAN tetap melanjutkan koalisi.

"Koalisi tetap solid karena pakai jurus Wushu," ujar Airlangga Hartarto di arena Kejurnas Wushu Piala Presiden 2022 di Graha Unesa, Surabaya, Selasa, 20 September 2022.

Menurut Airlangga, KIB juga telah berkomunikasi dengan dua partai besar. Bukan tidak mungkin anggota KIB bertambah. Ia optimistis pada 2024, KIB akan memegang peranan kunci. "Pak Suharso (mantan ketua umum PPP juga anggota kabinet. Saya juga terus berkomunikasi. Dengan pengurus yang baru juga intens," kata Airlangga.

Sempat terjadi polemik di PPP. Ini lantaran Suharso Monoarfa mengeluarkan pernyataan yang menyinggung pesantren. Ia mengkritik budaya memberi amplop kepada kiai. Pernyataan itu disampaikan di forum KPK. 

Imbas dari pernyataan itu, PPP memecat Suharso di forum Mukernas. Forum itu juga menunjuk anggota Dewan Pertimbangan Presiden Muhammad Mardiono menjadi Plt Ketua Umum PPP. Kepengurusan baru itu juga sudah disahkan oleh Kemenkum HAM. 

Suharso merasa kudeta itu tidak sah. Namun belum ada perlawanan dari Suharso. Bisa jadi Suharso pekewuh bila harus mem-PTUN-kan Kemenkum HAM. Sebab, ia adalah bagian dari pemerintah karena menjabat sebagai menteri PPN/Kepala Bappenas. Bila harus melawan, ia merasa harus mundur sebagai menteri terlebih dahulu. (*)

 

 

Sumber: