Presiden Jokowi: Sebentar Lagi Kita Nyatakan Pandemi Berakhir

Presiden Jokowi: Sebentar Lagi Kita Nyatakan Pandemi Berakhir

Presiden Jokowi meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas di Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.-Biro Setpres RI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ada kabar gembira dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) tadi pagi. Ia menyebut pandemi akan berakhir dalam waktu dekat. 

Hal itu disampaikan presiden Jokowi saat peluncuran gerakan kemitraan inklusif untuk UMKM naik kelas di Gedung Smesco, Jakarta Selatan pada Senin, 3 Oktober 2022.

"Pandemi memang sudah mulai mereda, mungkin sebentar lagi juga akan kita nyatakan pandemi sudah berakhir," kata Jokowi, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Kendati begitu ia juga mengatakan bahwa kondisi ekonomi dunia masih belum stabil. Karena itu tantangan ke depan masih cukup berat.

Presiden mengatakan, semua negara dalam kondisi sulit. Tanpa terkecuali.

"Berulang saya sampaikan situasi ekonomi dunia betul-betul pada posisi tak baik-baik saja," ujar Jokowi. "Semua negara kondisi sangat sulit. Bahkan negara maju pada posisi sangat sulit," tambahnya.

Perang antara Rusia dan Ukraina membuat perekonomian dunia terganggu. Memanasnya situasi di Eropa Timur itu mengganggu rantai perdagangan dunia. Baik dalam bidang pangan maupun energi.

Meski demikian, hingga kini kondisi perekonomian Indonesia masih bisa tumbuh 5,44 persen di kuartal II 2022.

"Pemilihan ekonomi pasca pandemi belum kembali normal. Karena selain pandemi, ada  perang di Ukraina," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jika pandemi dihapus kegiatan sosial dan perekonomian bisa leluasa. Sebab saat ini kegiatan yang mengundang keramaian masih perlu mendapat izin dari Satgas Covid-19 di wilayah setempat.

Proses asesmen tersebut menjadi ganjalan tersendiri karena harus menambah rentetan perizinan acara.  (*)




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: biro setpres