Berbagai Hikmah dan Nasihat di Peringatan Haul Ke-41 KH Abdul Hamid bin Abdulloh

Berbagai Hikmah dan Nasihat di Peringatan Haul Ke-41 KH Abdul Hamid bin Abdulloh

-WALI KOTA Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan sambutan.-

PERINGATAN Haul Ke-41 KH Abdul Hamid bin Abdulloh bin Umar pada Rabu, 5 Oktober 2022, berjalan lancar. Dipadati sekitar 200 ribuan jamaah yang hadir di sekitar lokasi, acara tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh nasional. 

Tokoh-tokoh nasional yang hadir, antara lain, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Abdullah Azwar Anas, Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan KH Bahaudin Nur Salim (Gus Baha).

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf menjelaskan, Pemkot Pasuruan berupaya maksimal supaya acara haul berjalan tanpa hambatan. Gus Ipul –sapaan Saifullah Yusuf– menjelaskan, Pemkot Pasuruan menyiapkan berbagai hal seperti personel pengamanan, penataan denah, dan bantuan logistik.


--

”Acara haul KH Abdul Hamid ini juga merupakan gawe atau hajatnya Pemkot Pasuruan sehingga kami juga harus terlibat langsung,” tutur Gus Ipul.

Men PAN-RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan, pembacaan manakib KH Abdul Hamid tidak akan pernah usai. Akan selalu ada kisah dan nasihat di setiap manakibnya. Gus Anas –sapaan akrabnya– mengatakan, yang bisa diambil hikmah dari KH Abdul Hamid adalah sosok pelayan pada semua orang.

”KH Abdul Hamid adalah teladan. Beliau sosok yang melayani ikhlas setiap tamu dan warga. Maka, ini juga saya terapkan di kementerian bahwa jangan mempersulit rakyat dalam urusan birokrasi,” ucap Gus Anas.

Jamaah haul yang memadati sekitar lokasi acara menyimak dengan khidmat rangkaian acara. Pemkot Pasuruan sendiri menyediakan beberapa layar videotron untuk membantu masyarakat bisa menikmati mawa’idul hasanah para habaib dan alim ulama yang hadir. 

Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengungkapkan, jamaah yang hadir di acara haul adalah gambaran kebesaran NU. 

”Kita harus melihat kebesaran NU ini sebagai tanggung jawab bagi pengampu jamiyah NU,” ujar Gus Yahya. 

Seusai acara haul, Men PAN-RB bersama Ketum PBNU meninjau Mal Pelayanan Publik Kota Pasuruan. (ADV)

KETUM PBNU Gus Yahya (kanan) bersama Gus Ipul di Mal Pelayanan Publik Kota Pasuruan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: