Dimulai Jumat, Ada Apa Saja di Hijrahfest Surabaya?

Dimulai Jumat, Ada Apa Saja di Hijrahfest Surabaya?

Arie Untung didampingi Ustadz Kasif Heer, dalam konferensi pers terkait event Hijrahfest-Julian Romadhon-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Hijrahfest digelar untuk kali pertama di Surabaya 14-16 Oktober 2022. Artis Arie Untung yang menginisiasi acara itu, mengajak 150 tenant UMKM untuk menjual produk halal dan Islami di Jatim Expo.

Sebelumnya, event tersebut diadakan di beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Jakarta, Makassar, Medan, Palu, hingga Pekanbaru. Pengusaha kuliner hingga busana ada di sana. 

Arie menggelar konferensi pers di Namira Syariah Hotel, Jalan Wisma Pagesangan, Surabaya, Selasa, 11 Oktober 2022. Ia memakai busana serba hitam dan kacamata dengan didampingi ustadz Kasif Heer. “Beliau ini guru saya,” ujar Arie sembari menepuk pundak ustadz Kasif. 

“Surabaya kan kota terbesar kedua di Indonesia. Sebanyak 85,1 persen penduduknya adalah muslim. Tentu halal lifestyle sangat dibutuhkan di era sekarang,” ucapnya. 

Kesadaran terhadap pentingnya halal lifestyle menuntut adanya wadah atau ruang silaturahmi. Tak hanya soal perekonomian, tapi juga semangat dakwah agama. “Maka Halalfest merupakan jembatan mediasi perekonomian yang berbasis Islam. Acara ini telah saya komunikasikan pula dengan para guru dan ulama,” kata aktor kelahiran 15 Januari 1976 itu.

Ia bercerita pula soal pengalaman hijrahnya. Meski telah menemukan kenyamanan dari sisi spiritual, ia merasa terdapat situasi yang harus dipahami. Yakni bagaimana ia dapat membantu perekonomian umat. 

Ide awal Arie adalah membantu UMKM berbasis Islam ke arah lebih baik. “Dari situ saya menginisiasi Hijrahfest. Tak hanya pameran, tapi juga mendatangkan ceramah agama dari tokoh-tokoh Islam terkemuka,” lanjut Arie. 

Ustadz Kasif berharap bahwa Hijrahfest akan membuat tiap muslim menjadi viral dan trending di akhirat. “Viral di dunia untuk apa. Lebih baik viral di akhirat. Caranya, datang saja ke Hijrahfest,” ucapnya lalu tersenyum. 

Akan ada ulama terkemuka yang mengisi acara itu. Seperti KH Kholil Nafis, KH Agoes Ali Masyhuri, hingga Habib Idrus Alaydrus. 

Para artis pun turut hadir dalam Hijrahfest. Seperti Dude Harlino, Alyssa Soebandono, Taqy Malik dan sebagainya. “Para artis itu juga turut mengaji. Kalau artis saja mau mengaji, masa kita tidak?,” ungkapnya. 

Hijrahfest pada Jumat mendatang, akan dibuka dan diresmikan oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Terdapat berbagai acara dalam event tersebut. Seperti Halal Travel, Pameran Fashion Muslim, Halal Food Expo, Majelis Ilmu, Sharing Artis Hijrah, Bedah Buku, Lomba Tahfidz dan sebagainya. (Guruh Dimas Nugraha) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: