Penelusuran ke Kampus-Kampus yang Kena Sanksi: Tiga PTS Tak Boleh Buka Pendaftaran

Penelusuran ke Kampus-Kampus yang Kena Sanksi: Tiga PTS Tak Boleh Buka Pendaftaran

Kampus Universitas WR Supratman di Keputih, Surabaya. -Cyntia Dara Fitriani - Harian Disway-

Sebanyak tujuh perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur berstatus pembinaan sanksi berat administratif. Itu berdasar data di Pangkalan Data Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (PDDikti). Kemarin, Kamis, 13 Oktober 2022, Harian Disway mengunjungi tiga PTS yang bermasalah di Kota Surabaya itu. 

---

TIGA kampus itu adalah Universitas 45 Surabaya, Universitas WR Supratman (Unipra), dan Universitas Merdeka (Unmer) Surabaya. Kami mengunjungi Universitas 45 (Unpatma) Surabaya pada siang hari sekitar pukul 11.00. 

Suasana kampus di Jl Mayjen Sungkono Kompleks Gedung Juang itu begitu sepi. Seperti tidak ada atmosfer perkuliahan. 

Hanya terlihat beberapa orang yang berlalu-lalang. Seperti satpam dan petugas kebersihan. Nyaris tak terlihat aktivitas pembelajaran mahasiswa. 

“Ramainya nanti sore atau malam biasanya, Mas,” kata Putra, alumnus D3 TV dan Film saat ditemui di kantin.


SALAH satu sudut kampus Universitas 45 Surabaya di Jalan Mayjeng Sungkono, Surabaya. -Afdholil Arrozy S - Harian Disway-

Pintu gedung rektorat pun tutup. Kami tidak bisa menemui satu pun jajaran petinggi kampus. Namun, kabar sanksi berat itu pun sampai ke telinga Putra. 

Ia enggan memberi keterangan lebih lanjut. “Saya sempat denger juga. Tapi, kayaknya itu kabar burung. Nanti juga hilang,” ucapnya.

BACA JUGA:Tujuh Kampus Swasta Jatim Terancam Tutup

Kunjungan berlanjut ke Unipra. Kampus di Jl. Arief Rahman Hakim itu juga tampak lengang. Hanya ada satu mahasiswa dan dua mahasiswi duduk di lobi utama.

Harian Disway menemui salah satu petugas Biro Akademik Kemahasiswaan yang sedang berjaga. Ia mempersilakan kami duduk di ruang resepsionis. Menyodorkan brosur penerimaan mahasiswa baru. “Setelah ada evaluasi oleh Dikti, Unipra terkena sanksi,” ujar lelaki bernama Dwi Juniarto itu. Mereka tidak boleh membuka pendaftaran mahasiswa bary hingga akhir tahun nanti. 

Bahkan, sebanyak 100 maba yang terdaftar pada gelombang terakhir periode Agustus-September 2022 batal. Semua uang mereka kembali.


Grafis PTS Bermasalah--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: